Kompas TV regional berita daerah

Diduga Kelaparan, Orangutan Cari Makan ke Perkebunan Warga

Kompas.tv - 21 Agustus 2020, 08:55 WIB
Penulis : Dea Davina

KETAPANG, KOMPAS.TV - Orangutan jantan, ditemukan warga terjebak di perkebunan nanas, yang lokasinya tak jauh dari permukiman warga di Desa Sungai Pelang, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Warga kemudian melaporkan hal ini ke BKSDA Kalbar, agar dapat diselamatkan dan dikembalikan ke habitatnya.

Tim gabungan Yayasan IAR Indonesia bersama BKSDA Kalbar kemudian melakukan penyelamatan orangutan, untuk dapat dipindahkan ke habitat aslinya.

Namun, untuk menghindari konflik, petugas harus menyuntikkan bius, agar proses pemindahan aman dan tidak memberikan dampak stres pada hewan.

Orangutan jantan yang diberi nama Boncel ini dilaporkan warga masuk area perkebunan sawit dan nanas milik warga sejak sebulan terakhir, warga menduga, orangutan ini tersesat dan masuk ke perkebunan warga, untuk mencari makan.

Orangutan yang kelaparan, juga diduga karena hutan yang merupakan habitat aslinya semakin sempit dan tidak tersedia makanan cukup, untuk satwa.

Saat dilepasliarkan, orangutan dalam kondisi sehat.

Namun terdapat sedikit luka yang ditemukan.

Bagi tim pemerhati orangutan, translokasi seperti ini dinilai hanya merupakan solusi sementara.

Karena masih ada kemungkinan orangutan kembali masuk wilayah masyarakat akibat semakin sempitnya area hutan yang dialihfungsikan menjadi perkebunan.

Ditambah, kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi setiap musim kemarau beberapa tahun terakhir, semakin memperburuk habitat orangutan, yang kini terancam punah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x