Kompas TV nasional update corona

Soal Vaksin Corona, Erick Thohir: Bio Farma Bukan Tukang Jahit, Ada Win-Win dengan Sinovac

Kompas.tv - 21 Agustus 2020, 05:35 WIB
soal-vaksin-corona-erick-thohir-bio-farma-bukan-tukang-jahit-ada-win-win-dengan-sinovac
Menteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran logo Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020). Erick Thohir: Bio Farma Bukan Tukang Jahit, Ada Kerja Sama Win-Win dengan Sinovac. (Sumber: Dokumentasi Kementerian BUMN)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Erick Thohir memastikan bahwa kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac Biotech Ltd bukan hanya sekadar membeli vaksin virus corona. Kerja sama tersebut juga terdapat proses transfer ilmu dan teknologi.

"Ini kerja sama yang win-win, menang-menang, bahwa Bio Farma bukan tukang jahit, tapi kesepakatan Bio Farma dengan Sinovac ada namanya transfer knowledge, transfer teknologi, ini yang perlu digarisbawahi," ujar Erick saat konferensi pers virtual, Kamis (20/8/2020) malam.

Baca Juga: Erick Thohir dan Retno Marsudi Terbang ke China Bahas Corona hingga Pesan 40 Juta Vaksin

Hal yang sama juga ditekankan dalam kunjungan Erick dengan Vice President Sinopharm dan Vice President Cansino. Sinopharm dan Cansin juga perusahaan yang tengah mengembangkan vaksin Covid-19.

Diketahui, Sinopharm dan Group 42 (G42) asal Uni Emirat Arab (UEA) telah melakukan uji klinis fase 3 vaksin Covid-19. Sementara CanSino baru saja mendapat izin paten kandidat vaksin Covid-19 Ad5-nCOV pada 11 Agustus 2020.

"Kita memastikan transfer teknologi itu bukan hanya sekadar membeli, dan ini yang saya harapkan bahwa kita semua agar bisa segera bangkit dari Covid-19 sesuai dengan timeline yang sudah dipastikan ibu Menlu tadi, bagaimana imunisasi massal buat bangsa Indonesia bisa segera awal tahun depan," jelas Erick Thohir.

Baca Juga: Menlu Retno: Harga Vaksin Kerja Sama Sinovac-Bio Farma Harus Terjangkau

Menteri Luar Negari Retno Marsudi (paling kiri) dan Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir (kedua dari kiri) menyaksikan Penandatanganan kerja sama antara Bio Farma dan Sinovac terkait vaksin Covid-19 di Sanya, Hainan, Kamis (20/8/2020). (Sumber: Dokumentasi Kementerian BUMN)

Diketahui sebelumnya, Erick Thohir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertolak ke China, Kamis (20/8/2020). Keduanya bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi serta perusahaan vaksin asal China, Sinovac.

Mereka menyaksikan penandatanganan MoU antara Sinovac dan Bio Farma. Pada MoU tersebut,  Sinovac dan Bio Farma menyepakati dua hal.

Pertama, menyepakati prelimanary agreement of purchase and supply of bulk product of Covid-19 vaccine.

Ini merupakan komitmen perjanjian awal di mana Sinovac akan menyediakan bulk vaksin kepada Bio Farma hingga 40 juta dosis vaksin mulai November 2020 hingga Maret 2021.

Sebagai informasi, bulk vaksin adalah bahan aktif farmasi dari suatu vaksin.

Kemudian yang kedua, MoU untuk komitmen kapasitas bulk vaccine 2021. Dalam hal ini Sinovac akan memberi prioritas untuk suplai bulk vaccine setelah Maret 2021 hingga akhir 2021.

"Ini adalah kerja sama cukup panjang antara Bio Farma dan Sinovac," kata Retno.

Baca Juga: Dijadwalkan Suntik Vaksin 25 Agustus, Ridwan Kamil: Tidak Ada Lagi Provokasi-provokasi

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x