Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pemerintah Rilis 3 Platform Digital Sekaligus: PaDi UMKM, Bela Pengadaan, dan Laman UKM

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 20:30 WIB
pemerintah-rilis-3-platform-digital-sekaligus-padi-umkm-bela-pengadaan-dan-laman-ukm
Acara launching tiga platform digital dari Kementerian BUMN, Kemenkop UKM, dan LKPP. (Sumber: Doc. Kementerian BUMN)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia rupanya menjadi momen spesial bagi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Ketiga kementerian dan lembaga pemerintah itu kompak bersama-sama memberikan “kado” berupa platform digital kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada momen HUT ke-75 RI.

Baca Juga: Kemenkeu Sebut 700.000 UMKM Sudah Terima Bantuan Usaha Rp 2,4 Juta, Lainnya?

Pertama, Kementerian BUMN menghadirkan Pasar Digital (PaDi) UMKM. Kemudian LKPP mengenalkan aplikasi Belanja Pengadaan (Bela Pengadaan). Terakhir dari Kemenkop UKM merilis Laman UKM.

Acara launching produk dari tiga instansi tersebut dihelat di Auditorium 3 Plaza Mandiri Jakarta yang disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, secara daring dari lokasi berbeda.

Baik PaDi UMKM, Bela Pengadaan, maupun Laman UKM diharapkan mampu mendorong transaksi belanja Pemerintah maupun BUMN khususnya kepada UMKM.

Hal ini juga didorong oleh Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan sejak 14 Mei 2020 dan telah dimulai dengan berbagai program dua mingguan secara kontinyu hingga akhir Desember 2020. Ini melibatkan beberapa Kementerian, Lembaga, OJK, BI, swasta, dan pelaku e-commerce.

Baca Juga: Sri Mulyani Siap Suntikkan Rp 20,5 Triliun untuk 5 BUMN Ini

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x