Kompas TV feature news or hoax

Berpacu dengan Waktu Uji Klinis Vaksin Corona - NEWS OR HOAX (Bag1)

Selasa, 18 Agustus 2020 | 19:02 WIB

KOMPAS.TV - Sejumlah negara dan perusahaan farmasi saat ini sedang beradu cepat mengembangkan kandidat vaksin covid-19.

Para ahli memperkirakan proses pengembangan vaksin corona paling cepat bisa selesai dalam 12 hingga 18 bulan ke depan. Dengan catatan proses pengembangan vaksin tidak terkendala masalah yang berarti.

Di dalam negeri, pemerintah indonesia menunjuk perusahaan farmasi pelat merah PT Biofarma untuk bekerja sama dengan sinovac biotech, perusahaan farmasi Tiongkok, dalam mengembangkan vaksin corona. Sinovac mengembangkan kandidat vaksin COVID-19 bernama Coronavac.

Berdasarkan laporan dari WHO, progres pengembangan vaksin ini sekarang telah memasuki uji klinis fase ketiga.

Proses tersebut dimulai bulan Juli lalu dan diperkirakan selesai pada Oktober 2020 nanti.

Apabila uji klinis fase ketiga ini lancar, produksi vaksin secara massal akan dilakukan pada Januari 2020 mendatang. 

PT Biofarma menyatakan mampu memproduksi kurang lebih 100 juta vaksin, dan akan menambah kapasitas produksi hingga 250 juta.

Secara teori, vaksin yang efektif, mampu melawan virus. Namun, sampai uji coba fase tiga selesai, para ahli mengatakan belum ada yang tahu apakah vaksin itu efektif.

Karena itu, penelitian vaksin penangkal virus yang selama ini dilakukan masih harus dilanjutkan selama beberapa periode waktu, hingga ada perkembangan lebih lanjut.

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:43
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA