Kompas TV nasional sosial

NTT Bangga Jokowi Pakai Busana Adat Sabu Raijua

Kompas.tv - 16 Agustus 2020, 09:05 WIB
ntt-bangga-jokowi-pakai-busana-adat-sabu-raijua
Presiden Jokowi berpakaian adat Sabu Raijua dari NTT. (Sumber: Dok Setpres)

KUPANG, KOMPAS.TV - Tokoh dan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat bangga ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Sabu Raijua saat Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (14/8/2020) lalu.

"Saya salah satu putra NTT bangga karena presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Sabu dalam kegiatan kebesaran negara atau sidang tahunan MPR," kata tokoh masyarakat Sabu, Simon Riwu Kaho, ketika dihubungi via telepon, dikutip dari Tribunnews, Sabtu (15/8/2020).

Begitu pula dengan Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke. 

"Bapak Presiden mengenakan motif bunga Ros. Saya tidak banyak berkata-kata dan mengucapkan terima kasih buat Bapak Presiden dan mendoakan agar tetap sehat dalam memimpin bangsa ini," ucap Bupati Rihi Heke.

Ketua DPRD Sabu Raijua, Paul Rabe Tuka, juga terharu dan bangga melihat Jokowi mengenakan pakaian adat Sabu.

"Secara pribadi dan selaku pimpinan lembaga DPRD, saya merasa bangga dan gembira melihat yang mulia Presiden Jokowi memakai tenun Sabu Raijua," ucap Paul.

Menurut Paul, Presiden Jokowi sangat menghormati hasil karya penenun NTT, khususnya Sabu Raijua.

"Apalagi dikenakan pada momen menjelang HUT ke-75 Kemerdekaan RI memberi pesan kepada generasi muda untuk mencintai hasil budaya sendiri. Ini pertanda cinta Jokowi yang besar kepada NTT dan penghargaan buat kaum perempuan penenun di NTT," ujarnya.

Paul berharap, untuk mengenang kaum perempuan yang menenun di tengah berbagai masalah ekonomi yang ada, Kementerian UMKM perlu menaruh perhatian pendanaan untuk ibu-ibu penenun yang tersebar di Flobamora-Rote-Sabu Raijua.

Anggota DPD RI asal NTT, dr Asyera Rawundalero bangga melihat secara langsung Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Sabu Raijua motif bunga Ros.

"Saya atas nama masyarakat NTT menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah mengenakan pakaian adat NTT dalam acara kenegaraan. Masyarakat NTT bangga atas penghargaan ini," ucap Asyera.

Penghargaan ini menunjukkan nilai-nilai budaya yang menyatu dalam kebhinekaan. Karena dalam keberagamaan ada perpaduan warna yang indah. Itulah Indonesia yang sudah diwariskan oleh leluhur bangsa.

Baca Juga: Jokowi Pakai Busana Adat NTT di Sidang Paripurna Tahunan

Arti Busana Sabu Raijua
Busana adat yang dipakai Presiden Jokowi merupakan pakaian adat Sabu Raijua bermotif bunga Ros. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x