Kompas TV nasional laporan khusus

Mencari Solusi dari Ancaman Resesi, Ini Kata Mantan Menko Ekonomi & Industri Kwik Kian Gie

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 19:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam pidato laporan nota keuangan pemerintah, Presiden Joko Widodo menyampaikan target kebijakan pemulihan ekonomi negara untuk dapat mendorong tercapainya pembangunan negara di tahun 2021.

Ada 4 program besar yang akan menjadi fokus dalam RAPBN 2021 yakni ketahanan pangan, penguatan sektor industri serta pendidikan dan kesehatan. Total ada lebih dari 43 juta pelajar Indonesia yang tak terakses pelajaran daring di tengah pandemi.

Sebagian besar karena masalah infrastruktur telekomunikasi yang belum mumpuni. Sektor digitalisasi dan pendidikan inilah yang juga menjadi salah satu fokus APBN 2021.

Optimis dan realistis jadi kunci asumsi RAPBN 2021. Ketahanan pangan menjadi sektor pertama yang menjadi fokus dalam RAPBN 2021.

Kementerian Pertanian, PUPR, Agraria dan Tata Ruang, hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan bekerja sama di sektor ini.

Kedua adalah penguatan sektor industri melalui pusat kawasan industri yang direvitalisasi atau membuka kawasan.

Selanjutnya infrastruktur dan teknologi komunikasi dan informasi karena dapat meningkatkan kemampuan produktivitas belanja negara.

Menkominfo menjadi terdepan untuk menyambungkan puskesmas, desa, sekolah, hingga madrasasah di daerah terpencil.

Terakhir, pendidikan dan kesehatan yang besar anggarannya sudah ditetapkan undang-undang.

Asumsi RAPBN 2021 memang harus optimistis walau tetap realistis karena di tengah ketidakpastian dampak Covid-19.

Untuk membahas lebih lanjut terkait pidato nota keuangan dan RAPBN 2021, simak dialog selengkapnya bersama Kepala Badan Kebijakan Fiscal, Febrio Nathan Kacaribu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Hariyadi Sukamdan, Direktur Riset Core Indonesia, Piter Abdullah, serta Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Keuangan dan Industri, Kwik Kian Gie.

Penulis : Anjani Nur Permatasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19