Kompas TV nasional sapa indonesia

Perkembangan Vaksin Corona "Merah Putih" yang Datangkan Harapan!

Jumat, 14 Agustus 2020 | 16:07 WIB

KOMPAS.TV - Uji klinis fase ketiga  kandidat  vaksin Corona dari Sinovac telah dimulai di enam lokasi penyuntikan, di Kota Bandung, pada 11 Agustus lalu.

Sebanyak 19 relawan menjalani uji coba perdana vaksin Corona tahap III, di Rumah Sakit Pendidikan, Universitas Padjadjaran, UNPAD,  disaksikan Presiden Joko Widodo.

Presiden berharap uji klinis fase III vaksin asal China ini bisa selesai dalam waktu enam bulan.

Sehingga vaksin itu bisa segera diproduksi massal oleh PT Bio Farma,  dan disuntikkan ke masyarakat pada Januari tahun depan.

Jokowi menambahkan, Indonesia juga tengah mengembangkan vaksin sendiri dalam tiga bulan terakhir.

Vaksin yang dinamai vaksin merah putih itu diperkirakan baru selesai pada pertengahan tahun depan.

Sejumlah relawan yang telah mendapat penyuntikan perdana kandidat vaksin Corona mengaku tak takut menjalani uji klinis.

Mereka mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah mengatasi penyebaran Corona, dengan menjadi relawan.

Sementara itu, Ketua  Komite Penanganan  Covid-19 dan pemulihan ekonomi, Erick Thohir berharap, imunisasi massal bisa dilakukan mulai 2021, di 83 ribu kelurahan dan desa.

Erick menambahkan, TNI-Polri akan menjadi komando pelaksana vaksinasi massal ini.

Pemerintah menargetkan uji klinis selesai pada Januari 2021, sehingga Bio Farma bisa langsung memproduksi vaksin Corona pada kuartal pertama 2021.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:11
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR    BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BAWASLU SEBUT PENGUNDIAN NOMOR URUT PASLON PILKADA TAK AKAN DIGELAR JIKA MASSA MELEBIHI BATAS   KAPOLRES MIMIKA TEGASKAN TAK ADA PENGIRIMAN PASUKAN KE INTAN JAYA UNTUK PERKUAT PENGAMANAN WILAYAH   PANDEMI KORONA, KEJARI JAKARTA PUSAT OPTIMALKAN PELAYANAN VIA TEKNOLOGI INFORMASI   KOMISI X DPR SEPAKATI PAGU ANGGARAN KEMENPAREKRAF 2021 SEBESAR RP 4,9 TRILIUN   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KEPOLISIAN RESOR MIMIKA LARANG WARGA BERKUMPUL   KPPU DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN PERSAINGAN TAK SEHAT IMPOR BAWANG PUTIH   DUKUNG PJJ DI MADRASAH, KEMENAG GANDENG 5 OPERATOR TELEKOMUNIKASI UNTUK BERIKAN INTERNET GRATIS   KEMENTERIAN KESEHATAN SIAPKAN PROTOKOL PENCEGAHAN COVID-19 DI PENGUNGSIAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DORONG PEMBERIAN INSENTIF UNTUK PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO APRESIASI KERJA KERAS PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AJUKAN PENAMBAHAN 60 KAMERA ETLE KE PEMPROV DKI   ANTISIPASI BANJIR, WALI KOTA BEKASI INGATKAN STAFNYA TAK TERLAMBAT BUKA PINTU BENDUNGAN KALI BEKASI