Kompas TV regional berita daerah

Ikan Cupang Naik Daun, Pembudidaya Raup Untung

Kompas.tv - 13 Agustus 2020, 13:16 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pembudidaya betta fish atau lebih dikenal dengan ikan cupang kini sedang untung. Pasalnya ikan, yang memiliki bentuk dan warna indah ini, lagi naik daun. 

Banyak warga dari dalam negeri hingga mancanegara berburu ikan hias ini hingga membuat harganya melangit.

Salah satu pembudidaya ikan cupang, yang lagi untung adalah Dony Maulana, warga Surabaya Jawa Timur. Setelah menggeluti budidaya ikan cupang selama 3 tahun, kini Dony merasa bersyukur, karena harga ikan cupang saat ini mulai naik.

Berbagai jenis ikan cupang di budidaya oleh Dony di rumahnya di kawasan jalan Mleto Surabaya. Ada ikan cupang plakat, half moon hingga cupang giant. Total ada dua ribu lebih ikan cupang, yang dimiliki pria berusia 32 tahun ini.

Budidaya ikan cupang sangat mudah, namun butuh ketelatenan selama merawatnya. Satu indukan sekali bertelur bisa menghasilkan ratusan anakan ikan cupang.

Ikan cupang hasil budidayanya dihargai mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung warna dan bentuk ikan.

Ikan cupang yang di budaya oleh Dony termasuk ikan berkelas, ini dibuktikan dengan sejumlah piala kontes ikan cupang yang diraihnya.

Selain melayani pembelian dalam negeri, Dony juga mengekspor ke sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura hingga Amerika Serikat. Dony bisa meraup untung hingga belasan juta rupiah per bulan.

#IkanCupang #IkanHias #BudidayaIkanHias

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x