Kompas TV nasional peristiwa

Diminta Kembalikan Beasiswa Rp 773 Juta, Veronica Koman Singgung Sri Mulyani

Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:27 WIB
diminta-kembalikan-beasiswa-rp-773-juta-veronica-koman-singgung-sri-mulyani
Aktivis HAM, Veronica Koman. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS TV - Aktivis hak asasi manusia (HAM), Veronica Koman, mengungkapkan pemerintah Indonesia memintanya untuk mengembalikan uang beasiswa senilai Rp 773 juta.

Uang ratusan juta itu diketahui pernah diterima Veronica Koman untuk menempuh jenjang pendidikan master di Australia pada 2016.

Permintaan pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan untuk mengembalikan uang beasiswa disebut Veronica sebagai hukuman finansial.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penekanan agar dirinya berhenti berbicara dan mengadvokasi mengenai isu HAM di Papua.

“Hukuman finansial upaya terbaru untuk menekan saya agar berhenti melakukan advokasi soal HAM Papua,” kata Veronica Koman melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta pada Rabu (12/8/2020).

Hukuman kali ini merupakan keempat kalinya yang didapat Veronica. Sebelumnya, Veronica mendapat sejumlah sanksi dan hukuman lain, termasuk upaya kriminalisasi dari pemerintah Indonesia.

Tak hanya itu, pemerintah juga sempat mendesak Interpol untuk mengeluarkan red notice terhadap dirinya. Juga ada ancaman untuk membatalkan paspornya.

Penulis : Tito Dirhantoro


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:55
PT ANGKASA PURA I MINTA PENUMPANG YANG AKAN TERBANG KE YOGYAKARTA DAN SOLO TERUS PANTAU STATUS PENERBANGAN   PT ANGKASA PURA I ANTISIPASI DAMPAK ERUPSI MERAPI DI BANDARA ADI SOEMARMO SOLO DAN BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA   BMKG: WASPADA POTENSI HUJAN LEBAT DISERTAI ANGIN KENCANG DI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK HARI INI   BMKG MEMPREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH DI INDONESIA AKAN MENGALAMI HUJAN LEBAT PADA 28-29 JANUARI 2020   MANTAN KSAD JENDERAL TNI (PURN) WISMOYO ARISMUNANDAR AKAN DIMAKAMKAN DI ASTANA GIRIBANGUN, KARANGANYAR, JATENG   MANTAN KSAD JENDERAL TNI (PURN) WISMOYO ARISMUNANDAR MENINGGAL DUNIA PADA KAMIS DINI HARI DI USIA 80 TAHUN   TERIMA 25.000 DOSIS VAKSIN COVID-19, PEMKOT BANDUNG MENGGELAR VAKSINASI TAHAP KEDUA HARI INI   MENKES MINTA SEMUA RUMAH SAKIT DI WILAYAH ZONA MERAH MENAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN COVID-19   MENKEU: ADA INDIKASI KEBUTUHAN MENDESAK UNTUK PENANGANAN PANDEMI & PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL RP 76,7 TRILIUN   MENKEU KLAIM PENYALURAN BANSOS BERUPA BANTUAN LANGSUNG TUNAI BERHASIL TEKAN PERTUMBUHAN ANGKA KEMISKINAN   KEBIJAKAN PPKM KEMBALI DIPERPANJANG, KABUPATEN SEMARANG BATALKAN SIMULASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA   PEMPROV DKI SIAPKAN 17.900 PETAK MAKAM BARU DI SEJUMLAH TPU JAKARTA UNTUK JENAZAH PASIEN COVID-19   SATGAS COVID-19 MEMINTA PENERIMA VAKSIN HARUS JUJUR SOAL KESEHATANNYA AGAR TERHINDAR DARI RISIKO   TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, BUPATI SLEMAN SRI PURNOMO DIPASTIKAN TAK AKAN MENDAPAT DOSIS KEDUA VAKSIN SINOVAC