Kompas TV nasional berita kompas tv

Vaksin Corona Diuji: Masih Ada Jalan Panjang yang Harus Dilalui...

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 17:44 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Tiga pekan sejak tiba di Indonesia, per 11 Agustus 2020, kandidat vaksin corona buatan China untuk pertama kalinya disuntikkan ke lengan relawan uji klinis.

Masih ada jalan panjang yang harus dilalui selama uji klinis tahap ketiga sampai kandidat vaksin corona ini dinyatakan aman dan layak diproduksi massal.

Para relawan uji vaksin akan disaring lagi lewat pemeriksaan kesehatan dari uji swab PCR hingga tes cepat corona untuk memastikan keamanan saat kandidat vaksin disuntikkan ke tubuh.

Mereka yang sudah pernah terinfeksi atau ditemukan antibodi spesifik corona di dalam darahnya, otomatis gugur.

Sebelum disuntik vaksin, setiap relawan juga dipastikan harus memahami alur penelitian yang akan berlangung, yang mana paling cepat selama enam hingga tujuh bulan ke depan.

Jika uji klinis tahap ketiga ini sukses dan kandidat vaksin corona buatan China ini mampu memicu pembentukan antibodi di dalam tubuh, artinya paling cepat Maret 2021, Bio Farma bisa menggenjot produksi vaksin untuk seluruh rakyat Indonesia.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x