Kompas TV regional berita daerah

Usaha Tanaman Hias Terrarium Bunga Kaktus

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 17:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Tanaman hias kaktus dengan media pot kecil dan pasir warna warni memang sudah banyak yang membuat. Namun jarang yang serius menekuninya menjadi usaha sehingga mendatangkan keuntungan, seperti yang dilakukan oleh pasangan suami istri asal Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berawal dari hobi tanaman hias, pasangan suami istri, Budi Perdana dan Anna, mampu mengkonsep tanaman kaktus dengan media pot kecil dan media tanam pasir warna warni.

Pasangan suami istri asal Perumahan Mastrip, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember ini, setiap hari sibuk merawat dan membuat inovasi baru agar tanaman hias, yang dibuatnya selalu terlihat indah, cantik dan berbeda.

Mereka membuat tanaman hias dengan teknik terrarium, yakni pot bunga yang digunakan transparan terbuat dari kaca, seperti mangkuk, atau botol aquarium.

Kemudian untuk media tanamnya, menggunakan pasir laut, batu silika warna warni dan sejumlah kerang, yang berfungsi sebagai penghias. Tanaman hias yang digunakan berukuran kecil, seperti kaktus, sukulen, bintang bumi dan cryptanthus.

Budi Perdana mengatakan teknik menghias terrarium pada dasarnya adalah meneliti pertumbuhan batang dan akar dalam wadah transparan. Teknik ini membutuhkan daya imajinasi keindahan dalam menata dan mengatur letak pasir warna warni.

Baca Juga: Keripik Pare, Gurih dan Tidak Pahit

Tanaman hias ini membutuhkan perawatan, yakni penyiraman seminggu sekali dengan menggunakan alat semprot, lalu penjemuran selama 2 jam setiap harinya.

Berawal dari hobi, kini tanaman hias hasil kreasinya banyak diburu pembeli. Harganya antara 100 ribu hingga 300 ribu pertanaman. Omzet yang didapat pun mencapai ratusan ribu rupiah.

 

#TanamanHias #BungaKaktus #Terrarium 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x