Kompas TV entertainment lifestyle

Ini Fungsi dan Kegunaan Hashtag atau Tagar di Media Sosial

Minggu, 9 Agustus 2020 | 11:55 WIB
ini-fungsi-dan-kegunaan-hashtag-atau-tagar-di-media-sosial
hashtag tagar (Sumber: tekno.kompas)

Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kalau kalian sering melihat foto atau video di media sosial yang disertai dengan caption beserta tanda tagar atau hashtag (#), tidak usah heran. Karena di balik itu semua ada maksud dan fungsi tersembunyi.

Penggunaan hashtag awalnya banyak digunakan di Twitter. Namun kini, sudah merambah ke media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Tumblr, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa fungsi dari hashtag tersebut dan bagaimana cara menggunakannya di media sosial, berikut ulasannya.

1. Untuk mengelompokan konten dan memudahkan pencarian

Fitur tagar ini lah yang kemudian mewakili suatu percakapan yang sedang hangat dibicarakan, sehingga orang lain bisa mengikuti percakapan mengenai satu topik tertentu.

Hashtag atau tagar bisa digunakan untuk ditambahkan pada postingan berupa teks, foto, video, event, dan lain-lain.

Dengan menyertakan hashtag atau tagar pada postingan tersebut, maka nanti semua update tentang postingan yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.

2. Untuk kebutuhan branding dan promosi

Media sosial bisa berfungsi untuk kebutuhan bisnis. Jadi, selain untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian, hashtag atau tagar juga berfungsi untuk kebutuhan branding dan promosi di media sosial.

rosi sobat ambyar (Sumber: facebook kompastv)

Dengan cara membuat hashtag yang spesial pada setiap postingan, maka akan menjadikan ciri khas bagi sebuah brand. Misalnya saja seperti acara Rosi yang menggunakan hashtag #sobatambyarberduka untuk mempromosikan acara untuk mengenang Didi Kempot.

3. Untuk kampanye lintas platform

Hashtag atau tagar juga bisa digunakan untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial.

Misalkan saja, jika biasanya kita menyertakan hashtag atau tagar Instagram, maka dengan menyertakan hashtag atau tagar di media sosial seperti Facebook atau Twitter tentang postingan yang sama, maka post yang kamu share di Instagram akan muncul pula di Facebook atau Twitter dengan mudah karena adanya hashtag yang sama tersebut.

Dengan kata lain, hashtag yang kalian tulis di Instagram akan dengan mudah ditemukan juga di Facebook maupun Twitter.

Keberadaan hashtag atau tagar di media sosial memang dinilai dapat memberikan manfaat lebih khususnya untuk pemasaran atau promosi secara online.

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x