> >

Hanya Sisa 1 Ekor, BBKSDA Riau Evakuasi Gajah Betina

Berita daerah | 28 Juli 2020, 15:46 WIB

RIAU, KOMPAS.TV - Seekor gajah liar betina dievakuasi Oleh Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam atau BBKSDA Riau Ke Pusat Latihan Gajah Sebanga.

Evakuasi gajah liar dengan bobot lebih dari empat ton ini dibantu dengan bantuan dua gajah jinak.

Gajah berjenis kelamin betina dengan bobot lebih dari empat ton dan diperkirakan berumur 50 tahun, dievakuasi petugas Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo, Wildlife Conservation Indonesia, kepolisian dan masyarakat.

Tim BBKSDA Riau melakukan evakuasi gajah yang tertinggal dengan kelompoknya di kantong gajah yang berada di Desa Melayu Besar, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir.

Selanjutnya, satwa ini dibawa ke Pusat Latihan Gajah atau PLG Sebanga, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau dengan dibantu dua gajah jinak.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam, Suharyono Mengatakan, ada beberapa pertimbangan evakuasi gajah, di antaranya adalah mempertimbangkan keselamatan gajah, peluang untuk berkembang biak, dan menghentikan konflik yang terjadi dengan manusia.

Selanjutnya, gajah tunggal tersebut dibawa ke Pusat Latihan Gajah Sebanga untuk pemeriksaan medis dan pemantauan perilaku.

Baca Juga: Anies Baswedan Imbau Pemotongan Hewan Qurban Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

Penulis : Fransiska-Wijayanti

Sumber : Kompas TV


TERBARU