> >

Ajak Warga Perangi Covid-19, Anggota TNI Bagikan Masker dan Beri Edukasi Masyarakat

Berita daerah | 8 April 2020, 17:45 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Semakin bertambahnya kasus corona virus disease 2019 atau covid-19 di Banjarmasin membuat anggota TNI dari jajaran Koramil Banjarmasin Barat Tengah, Komando distrik Militer 1007/ Banjarmasin, selasa pagi (8/4/2020) melakukan giat pencegahan penularan covid-19 di Banjarmasin.

Sebelum memulai kegiatan para nggota melakukan cuci tangan dan cek suhu tubuh untuk memastikan para anggota yang merupakan babinsa di kecamatan Banjarmasin barat dan tengah dalam keadaan sehat.

Setelah memeriksa suhu tubuh para anggota, tim kemudian bergerak membagikan masker kepada masyarakat di pinggir jalan sembari menyampaikan imbauan melalui pengeras suara.

Sasaran pembagian masker ialah para pekerja harian seperti tukang becak, pengemudi ojek dan pedagang yang tetap bekerja di tengah wabah covid-19.

Target dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat di kalangan tersebut perlu bantuan dalam menyiapkan masker yang telah dianjurkan who untuk wajib digunakan, namun ketersediaannya langka dan mahal.

Pembagian masker dilakukan di sejumlah titik, diantaranya jalan Sutoyo S, Yos Sudarso, P.M Noor, Belitung hingga kuin selatan.

Sebelum memberikan masker, warga diberi handsanitizer atau antiseptic sebagai bentuk sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dalam menangkal virus corona, serta mengingatkan agar memakai masker saat beraktifitas dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Menurut Komandan Rayon Militer 1007-03/ Banjarmasin Barat, Mayor Czi Tandra Wideru, kegiatan ini lebih menekankan pada edukasi agar masyarakat lebih waspada dan turut membantu memutus mata rantai penyebaran covid-19 sekaligus membantu ketersediaan masker bagi masyarakat kurang mampu.

Giat ini juga diharapkan menjadi efek kejut agar masyarakat kembali menjalankan imbauan sesuai protokol pencegahan covid-19 dimana warga diimbau tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, menjaga kebersihan diri diantaranya dengan rajin cuci tangan dan tidak berkumpul.

Penulis : KompasTV-Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


TERBARU