> >

Batik Irma Susanti yang Mendunia

Berita daerah | 28 Januari 2022, 11:28 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mungkin belum banyak yang mengenal sosok Irma Susanti. Wanita asal Kabupaten Pati yang kini sudah berdomisili di Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang ini merupakan salah satu seniman batik tulis di kota lunpia.

Seni batik sudah dikenal Irma Susasnti sejak kecil. Sejak kuliah Irma sudah membantu ibunya melatih ibu-ibu PKK untuk membatik di kampung halamannya di Kabupaten Pati.

Baru sekitar 2016, Irma mulai berkarya menciptakan batik tulis sendiri. Kebanyakan motif batik yang dibuatnya cenderung kontenporer dengan tema-tema alam. Kini karya Irma Susanti sudah mendunia. Berbagai pameran di sejumlah negara sudah pernah ia ikuti. Tahun ini rencananya Irma Susanti akan menggelar pameran di sejumlah negara di timur tengah.

Tak hanya karya kontenporer bertemakan alam, Irma juga menggandeng budayawan Sudjiwo Tejo dalam karya batiknya. Nantinya lukisan karya Sudjiwo Tejo akan dituangkan dalam batik Irma Susanti. Menurut Sujiwo Tejo, karya lukisan yang akan dibatikan kebanyakan adalah tokoh pewayangan.

Karya Irma juga sudah bayak digunakan oleh kepala daerah dan tokoh politik seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Ia juga sedang menyiapkan batik tulis khusus untuk Ketua Umum PDIP Megawati, Ketua DPR RI Puan dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

#batik #irmasusanti #sudjiwotejo

 

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU