> >

Antisipasi Omicron, Koster Pastikan Hanya Satu Pertemuan G20 Yang Dipindah

Berita daerah | 21 Januari 2022, 13:50 WIB

DENPASAR, KOMPAS TV - Gubernur Bali Wayan Koster, Kamis (20/1/2022 ) sore menyatakan, surat dari panitia pelaksana pertemuan G20 jalur Kementrian Keuangan yang menyatakan pemindahan pertemuan dari Nusa Dua Bali ke Jakarta, sebaiknya tidak disikapi berlebihan.

Dijelaskanya, pemindahan tersebut berdasarkan sejumlah pertimbangan di tengah merebaknya covid 19 varian Omicron. Diantaranya mempertimbangkan faktor keamanan dari terpaparnya virus terhadap peserta pertemuan, dimana pintu kedatangan internasional hanya ada di Jakarta .

Rencana awal pertemuan G20 jalur keuangan memang digelar di Jakarta pada 15 hingga 18 Februari 2022. Melihat suksesnya pertemuan G20 bidang perbankan yang digelar awal Desember lalu di Nusa Dua, para delegasi meminta pertemuan jalur keuangan digelar di Bali. Namun seiring perkembangan penyebaran varian Omicron didunia yang kian meluas, pertemuan G20 jalur keuangan dikembalikan ke Jakarta.

Wayan Koster juga menyatakan, sampai saat ini hanya satu pertemuan yang dipindahkan dari Bali ke Jakarta. Dalam agenda G20 ada sekitar 150 pertemuan yang digelar tidak hanya di Bali, namun juga di sejumlah kota di Indonesia. Dipastikan puncak KTT presidensi G20, pada November 2022 mendatang , akan tetap digelar di Bali. mengingat hingga saat ini belum ditemukan kasus omicron di bali//

 

 

 

#kttg20 #nusadua #jakarta

 

Penulis : KompasTV-Dewata

Sumber : Kompas TV


TERBARU