> >

Berwisata Aman Dengan Adaptasi Baru

Berita daerah | 17 November 2021, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kondisi Covid-19 di Kota Semarang semakin hari semakin membaik. Seiring dengan membaiknya kondisi tersebut, tempat wisata pun kini lebih dilonggarkan. Jika sebelumnya tempat wisata hanya boleh didatangi oleh mereka yang sudah divaksin, kini anak-anakpun bisa berwisata. Namun protokol kesehatan tetap tidak boleh diabaikan agar berwisata tetap aman dengan adaptasi kebiasaan baru. 

Prokes seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, serta pengecekan suhu badan, diterapkan secara ketat oleh petugas tempat wisata, saat pengunjung hendak memasuki Wisata Semarang Zoo yang berada di daerah Mangkang, Kota Semarang. Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pihak manajemen juga memastikan pengunjung telah divaksin lewat aplikasi peduli lindungi. 

Namun berbeda dengan sebelumnya, anak-anak kini diperbolehkan masuk lokasi wisata dengan mendapat pendampingan dari orang tua atau keluarga yang sudah mendapatkan vaksinasi. Untuk kapasitas pengunjung, tetap masih ada pembatasan yaitu 50 persen dari kapasitas, sebagaimana aturan bagi daerah yang status PPKM level satu. Selain prokes ketat, petugas juga terlihat terus mengingatkan dengan menggunakan toa, agar pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan, baik di arena permainan maupun saat melihat aneka satwa. Dengan sistem penerapan protokol kesehatan yang ketat, para pengunjung mengaku senang dan merasa terlindungi. " Prokes Safety untuk kita sendiri selaku orang tua juga untuk anak-anak," kata Senja Naiti. Sementara pengunjung lain, Adrianus Indra Kusuma, merasa tidak kuatir berada di Wisata Semarang Zoo. "Nyaman yaa main di tempat seperti ini, dari petugas juga protokolnya ketat, amanlah untuk anak saya main disini," katanya.  

Sementara itu, pihak pengelola mengatakan, adaptasi baru dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat ini diambil untuk  mencegah penyebaran virus Covid-19 yang tetap harus diwaspadai. "Dengan adaptasi baru, kami dari Semarang Zoo salah satunya dengan syarat punya apilkasi peduli lindungi, sebelum masuk kita selalu arahkan untuk mencuci tangan lebih dulu, cek suhu badan dan scan barcode peduli lindungi, baru boleh masuk," jelas Nia Trisminanti. 

Dengan adaptasi baru, pihak pengelola Semarang Zoo berharap pengunjung akan bisa kembali normal seperti saat sebelum pandemi. 

#semarangzoo #aplikasipedulilindungi #adaptasikebiasaanbaru 

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU