> >

Puluhan Anjal Dan Gepeng Di Tertibkan Satpol PP

Berita daerah | 27 September 2021, 13:28 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Satpol PP menjaring puluhan anak jalanan. Pengemis dan pengamen di Makassar penertiban terbaru yang sementara dilakukan uji coba sasarannya penyandang masalah kesejahteraan sosial yang kerap masuk ke wilayah kota Makassar.

Sejumlah wilayah yang menjadi pusat penertiban ialah di lampu Merah Ahmad Yani jalan Ratulangi, Masjid Terapung dan jalan Bontelempangan. Mereka kemudian dikumpulkan di tribun lapangan Karebosi. Setelah dilakukan pendataan. Fokus penertiban di lakukan di salah satu wilayah atau kecamatan tertentu dengan tujuan mempersempit ruang gerak mereka. Hasil penjaringan di kecamatan Ujung Pandang mendapatkan puluhan ANJAL terjaring hanya dalam hitungan jam. Pelaksana tugas kepala Satpol Iqbal Asnan mengaku sebelum melakukan operasi. Telah dilakukan pemantauan rutin ke tempat biasa mereka berkumpul seperti di lampu merah jalanan dan tempat usaha yang sering menjadi lokasi mereka meminta-minta.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Mengatakan penertiban ANJAL dan GEPENG ini memang turut menjadi fokus pemerintah kota Makassar. Karena banyaknya di temukan dan laporan warga terkait keberadaan mereka yang sebagian besar berasal dari luar kota Makassar. Beberapa diantara mereka langsung digunduli oleh petugas. Iqbal Asnan mengatakan tindakan itu sebagai penanda. Orang tersebut pernah di amankan dan jika kembali terjaring akan mendapatkan sanksi lebih keras. Pembinaan lanjutan akan diserahkan ke Dinas Sosial sesuai kewenangannya.

#anakjalanan

#gelandanganpengemis

#satpolpp

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kompas TV Makassar


TERBARU