> >

Warga Poso Kirim Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi

Berita daerah | 19 Mei 2021, 14:32 WIB

POSO, KOMPAS.TV - Puluhan warga Poso, Provinsi Sulawesi Tengah yang tergabung dalam  Perwakilan  Masyarakat Kampai Tampo Lore  mendatangi gedung DPRD Poso untuk menyampaikan surat terbuka kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, penyampaian aspirasi  surat terbuka kepada pemerintah pusat  melalui DPRD Poso tersebut sebagai bentuk kekecewaan dan ketidakpercayaan masyarakat  terhadap  Polri terkait pelaksanaan operasi penuntasan teroris jaringan Ali Kalora cs yang masih terus meneror dan membantai warga sipil.

Bertempat ruang rapat DPRD Poso pada senin siang  17 mei 2021, puluhan  orang  Perwakilan Warga  Kecamatan Lore bersaudara dengan menggunakan pakaian hitam dengan ikat kepala pita merah putih sebagai tanda berkabung  mendatangi gedung DPRD Poso untuk  menyampaikan aspirasinya. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Ketua  DPRD Poso, Sesi Kd mapeda bersama sejumlah anggota DPRD lainnya yang juga ikut menggunakan ikat pita merah putih dikepala sebagai simbol belasungkawa atas tewasnya empat orang warga Desa Kalemago, Kecamatan Lore Timur pada selasa 11 mei pekan lalu.

Ketua Perwakilan Warga Kecamatan  Lore , Sahir Sampeali , dihadapan anggota DPRD Poso saat membacakan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo meminta agar segera turun tangan untuk hadir di Poso sehingga penuntasan sisa kelompok DPO teroris pimpinan Ali Kalora yang berjumlah  sembilan orang segera berakhir. Menurutnya selama kurun waktu dua puluh dua tahun pelaksanaan operasi kelompok Mujahidin Indonesia Timur( MIT) di Poso oleh Polri, justru tidak memberikan rasa aman terhadap warga, khususnya petani, tapi bahkan korban dari warga sipil semakin bertambah sehingga jaminan keamanan warga jauh dari harapan.

Dalam kesempatan tersebut, Sahir Sampeali membacakan  lima poin isi tuntutan surat terbuka kepada presiden joko Didodo, antara lain meminta presiden untuk hadir di tanah Poso sebagai konsekwensi perlindungan warga Poso, meminta presiden sebagai panglima tertinggi untuk segera menuntaskan masalah keamanan dan meminta presiden untuk memberikan jaminan sosial dan santunan duka  kepada para keluarga korban tragedi kemanusiaan oleh teroris di Poso.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan penyerahan dokumentasi lapiran surat terbuka dari perwakilan warga Lore ke DPRD Poso yang diterima langsung oleh ketua DPRD Poso disaksikan para anggota DPRD lainnya.

#SuratTerbukaUntukPresiden #Jokowidodo #WargaPoso  

Penulis : KompasTV-Palu

Sumber : Kompas TV


TERBARU