> >

Massa Geruduk Bawaslu, Tuntut Usut Dugaan Politik Uang

Berita daerah | 28 Oktober 2020, 14:40 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Jelang Pilkada serentak pada Desember mendatang sejumlah warga Bandar Lampung yang tergabung dalam Forum Rakyat Bersatu melakukan unjuk rasa di Kantor Badan Pengawas Pemilu Bandar Lampung.

Aksi mereka ini untuk menyampaikan temuan dugaan adanya praktek politik uang yang dilakukan salah satu pasangan calon Wali Kota Bandar Lampung.

Baca Juga: Diduga Terlibat Politik Praktis, Bawaslu Periksa Oknum ASN di Bandar Lampung

Koordinator Forum Rakyat Bersatu, Arpan menyebut tindakan mereka didasari adanya bukti video yang menujukan aktivitas pemberian uang dari pasangan nomor urut satu Rycko Menoza-Johan Sulaiman.

Kejadian itu direkam pada awal Oktober lalu yang berokasi di Pasar Way Halim, Bandar Lampung. Dari bukti awal ini, mereka meminta Bawaslu agar segera menindaklanjuti dan mengusut dugaan kecurangan tersebut.

Baca Juga: Kampanye Para Calon Wali Kota Bandar Lampung di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara saat menemui massa aksi, Chandrawansah Ketua Bawaslu Bandar Lampung mengapresiasi aksi ini sebagai bentuk pengawasan masyarakat terhadap jalannya pemilihan kepala daerah.

Dengan kepekaan dan kepedulian masyarakat terhadap proses pilkada akan membantu penyelenggara maupun pengawas pemilu untuk menciptakan proses pemilihan kepala daerah yang jujur dan bebas politik uang.

#politikuang #pilwalkot2020 #pilkadaserentak2020

Penulis : Kompastv-Lampung

Sumber : Kompas TV


TERBARU