> >

Penambahan Ruang Isolasi Dan Tim Medis Jadi Prioritas Samarinda

Berita daerah | 3 Oktober 2020, 23:27 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Penambahan kasus suspek dan positif covid-19 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur terus bertambah dan rumah sakit karantina di bapelkes Samarinda nyaris penuh, namun masih tergolong mencukupi mampu menampung pasien.

Walaupun saat ini, kapasitas hunian di bapelkes sudah mencapai 85% dari kapasitas sebelumnya. Pasalnya bapelkes sekarang juga merawat pasien positif yang ringan maupun sedang.

Kepala dinas kesehatan Kota Samarinda Ismed Kusasih, menuturkan untuk perawatan pasien yang berstatus ringan, rumah sakit karantina mempunyai kriteria khusus. Selain itu pihak dinkes Samarinda dan dinkes Provinsi Kaltim telah mempunyai beberapa opsi jika nantinya ruangan isolasi di rumah sakit karantina sudah tidak mencukupi. Pihaknya akan menambah tempat karantina di luar babelkes.

Namun hal yang lebih penting yang di inginkan pada saat ini adalah penambahan tenaga medis. Pasalnya, seiring meningkatnya pasien, keterbatasan tenaga medis dikhawatirkan tidak mampu menjangkau saat membludaknya pasien. Sementara kasus positif covid-19 terus bertambah.

Diketahui, jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Samarinda pada 29 september 2020 mencapai 58 kasus dengan keseluruhan telah mencapai 2.529 kasus.

#RuangIsolasi#TenagaMedis#ProtokolKesehatan

Penulis : KompasTV-Tenggarong

Sumber : Kompas TV


TERBARU