> >

Bamsoet dan Wali Kota Batam Matangkan Rencana Pembangunan Sirkuit MotoGP

Kompas sport | 11 September 2021, 11:57 WIB
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo (Sumber: Tribunnews.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Batam akan segera memiliki sirkuit untuk ajang balap motorsport seperti kejuaraan MotoGP.

Rencana pembangunan sirkuit di Batam tersebut diungkapkan langsung oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya @bambang.soesatyo, Kamis (9/9/2021).

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, mengatakan telah bertemu Walikota Batam Muhammad Rudi untuk membahas dan mematangkan proses pembuatan Sirkuit Internasional Batam. 

Baca Juga: Situs PeduliLindungi Palsu Telah Diblokir oleh Kemenkominfo

Tidak hanya lomba MotoGP, sirkuit ini juga nantinya bisa dipakai untuk menggelar kejuaraan-kejuaraan motorsport lainnya.

"Luas rencana sirkuit mencapai 154 hektar, berada di lokasi yang sangat strategis di Kecamatan Nongsa. Hanya memerlukan waktu sekitar 18 menit dari Bandara Hang Nadim, 30 menit dari pelabuhan Ferry Batam Centre, 40 menit dari Nagoya Pusat belanja, 45 menit dari harbour Bay Batam," tulis Bamsoet.

Menurut Bamsoet, Batam memiliki lokasi yang dekat dengan Singapura dan Malaysia. Dengan demikian, Batam sangat menjanjikan untuk menjadi industri pariwisata.

"Kehadiran sirkuit bertaraf internasional akan menjadi daya tarik sendiri, sebagai destinasi sport tourism unggulan dalam mendukung pengembangan Batam menjadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Sengketa Lahan Sirkuit MotoGP Mandalika Berlanjut

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU