> >

Barista Cilik Asal Yogyakarta Ini Sediakan Ragam Kopi Lezat!

Sapa indonesia | 4 Agustus 2020, 18:22 WIB

KOMPAS.TV - Selama masa pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah secara dan biasanya seusai kelas daring, anak-anak memiliki banyak waktu luang.

Di waktu luang itulah banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak.

Seperti yang dilakukan seorang anak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, yang mengisi waktu luangnya dengan belajar menjadi seorang barista, bahkan kini ia sudah bisa mengelola kedai kopi.

Sekilas, kedai kopi yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini sama seperti kedai kopi pada umumnya.

Tetapi tak ada yang menyangka, kopi-kopi yang disajikan di kedai ini, merupakan kopi hasil racikan barista cilik yang masih berusia 13 tahun.

Namanya Raka Ahmed Nusa Hunaifa Aziz, siswa kelas 8 di salah satu SMP di Gunungkidul.

Setiap hari raka sudah mampu mengelola kedai kopi dengan dibantu oleh kedua orangtuanya.

Raka belajar teknik penyajian kopi dari sang ayah. Karena memiliki ketertarikan lebih, Raka kemudian mengikuti kursus profesional barista.

Berbagai teknik penyajian kopi sudah dikuasainya , mulai dari Vietnam Drip, French press, Latte Art hingga Espresso.

Bahkan untuk semakin mengasah kemampuan meracik kopinya, ia juga banyak membaca teknik - teknik penyajian kopi dari internet maupun buku - buku tentang kopi .

Walaupun sudah mengelola kedai kopi secara mandiri, Raka tetap mengutamakan pendidikan sekolah yang dilakukan secara daring atau online .

Oleh sebab itu , kedai kopi dibuka setelah dirinya selesai mengikuti kelas daring dan mengerjakan tugas serta memimiliki waktu luang .

 

Penulis : Anjani-Nur-Permatasari

Sumber : Kompas TV


TERBARU