> >

May Day, Dari Gerakan Baksos Hingga Kemenaker Gelar Rapid Test Untuk Buruh

Kompas siang | 1 Mei 2020, 13:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan hari buruh atau May Day pada 1 Mei di Indonesia tahun ini tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di tengah pandemi corona, Polda Metro Jaya memastikan tidak ada unjuk rasa yang akan dilakukan para buruh.

"Dari semua teman-teman serikat buruh tidak ada yang turun ke jalan, mereka alhamdulillah bisa mengerti dan memahami. Satu apresiasi buat teman-teman buruh, mereka memahami bahwa pandemi Covid-19 ini sangat berbahaya," kata Kombes Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Para buruh juga menggelar aksi bakti sosial seperti membagikan masker kepada masyarakat sambil memperhatikan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 yang dilakukan di beberapa titik di Jakarta.

Di hari buruh tahun 2020 ini, Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam menggelar tes cepat Covid-19 untuk buruh di Jakarta.

Kemenaker telah menyiapkan 1.000 alat tes kit yang diberikan, namun hanya sekitar 200-250 yang dipakai lantaran pihak kepolisian menghindari adanya keramaian.

Untuk memantau seperti apa situasinya lebih lengkap simak laporan jurnalis Kompas TV Jonah Hamonangan di kantor Kemenaker, Jakarta.

Penulis : Reny-Mardika

Sumber : Kompas TV


TERBARU