> >

Sehat dan Enak! Pempek Dari Bahan Sayuran

Sapa indonesia | 2 April 2020, 14:46 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Bicara kota Palembang, kalau soal makanan pasti yang teringat langsung pempek. 

Tapi apakah anda pernah menemukan pempek yang berwarna warni. 

Selain itu, ada pempek yang lain di Palembang yang wajib dicoba.

Pempek Lenjer
Mungin pempek ini paling sering dan paling umum ditemui. Pempek lenjer mempunyai bentuk sesuai namanya, yaitu lenjer alias panjang. Jadi pempek lenjer artinya pempek yang dibuat dengan bentuk memanjang dan begitu sederhana.

Pempek Kapal Selam
Disebut demikian karena saat memasaknya dengan proses merebus, pempek ini jatuh ke dalam (air rebusan) karena tenggelam, makanya disebut kapal selam.

Pempek Adaan
Jenis pempek ini berbentuk bulat dengan karakteristik mirip dengan bakso ikan. Biasanya orang awam makan pempek adaan serasa seperti makan bakso ikan. Sebenarnya bakso ikan teksturnya lebih lembut dibandingkan pempek adaan.


Pempek Pastel
Pempek pastel juga mempunyai dua jenis, yakni pempek pastel isi dan tanpa isi. Pempek pastel isi, biasanya dibuat dengan meletakkan isian telur di dalamnya, namun bisa juga diberikan isian sayur seperti pepaya muda dan yang lainnya.

Pempek Kulit
Tenang, masih ada kok! Bukan karena harganya yang mahal, tetapi memang sedikit butuh kerumitan untuk membuatnya. Pempek kulit ini menggunakan bahan yang mirip dengan adaan. Bedanya ada tambahan kulit ikan pada adonannya sehingga biasanya warnanya pun lebih hitam. Rasanya, sama-sama enak.
 

Penulis : Merlion-Gusti

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU