> >

Liputan Haji 2019 - Setelah Wukuf di Padang Arafah, Jemaah Haji Mulai Lakukan Lontar Jumrah

Berita kompas tv | 11 Agustus 2019, 13:10 WIB

Inti dari Ibadah Haji Wukuf di Arafah telah dijalani. Saat Wukuf jemaah haji merenung dan memanjatkan ayat-ayat suci serta mendengarkan khotbah. Wukuf di Padang Arafah untuk jemaah haji Indonesia diisi dengan khutbah oleh Kiai Haji Bunyamin Ruhyat yang membahas soal haji mabrur. Dalam ceramahnya Kiai Bunyamin Ruhyat mengatakan bila ingin mendapat haji mabrur dengan balasan surga maka wujudkanlah kepedulian sosial dan tebarkanlah kedamaian di tengah masyarakat.

Bagi jemaah haji Indonesia dengan kondisi sakit panitia penyelenggara ibadah haji atau PPIH menggelar safari wukuf. 65 jemaah diangkut dengan bus yang telah didesain khusus agar memudahkan jemaah dapat berbaring. Konsultan ibadah membantu agar jemaah yang sakit bisa menjalankan segala rangkaian ibadah. Setelah Wukuf di Padang Arafah. Jemaah haji bergerak menuju Muzdalifah. Pergeseran jemaah sepanjang 7 kilometer ini dilakukan dengan menggunakan bus.

Mina menjadi tujuan berikutnya. Jutaan umat Muslim dari seluruh dunia disini akan melontar jumrah. Ritual yang juga wajib dilakukan setelah wukuf di arafah. Ada 3 tugu yang dilontar dengan kerikil masing-masing 7 kali selama 3 hari bertutut turut. Maknanya meneladani Nabi Ibrahim melempari setan saat digoda. Artinya menjauhkan godaan setan dari dalam diri.

#NaikHaji2019 #LemparJumroh #Mina

Penulis : Imanuel-Gilang-Krisjanuar

Sumber : Kompas TV


TERBARU