> >

Beda Arus Mudik 2019, Mulai Klaim Hilangnya Tradisi Macet Hingga Rest Area Unik

Berita kompas tv | 8 Juni 2019, 10:08 WIB

Pemerintah mengklaim arus mudik 2019 jauh lebih baik dari tiga tahun lalu. Skenario sistem jalan satu arah atau one way dinilai berperan penting dalam mengurai kemacetan ini. Sistem satu arah berlangsung di tanggal 31 Mei 1 dan 2 Juni 2019. Sedangkan untuk arus balik sistem satu arah berlaku mulai 7 Juni hingga 9 Juni. Dari KM 188 palimanan sampai Gerbang Cikarang Utama KM 29.

Badan Pengatur Jalan Tol menyebut perkiraan waktu tempuh bagi pemudik di tahun 2019 ini akan jauh berkurang. Jika melalui Trans Jawa pada 2018 waktu tempuh selama 10 hingga 12 jam maka tahun ini diperkirakan kurang dari 10 jam.

Sejumlah pemudik menyebut tahun 2019 ini merupakan mudik paling lancar. Bahkan mereka yakin akan tiba di kota tujuan dengan tepat waktu tanpa mengalami kemacetan panjang. Selain berkurangnya tingkat kemacetan angka kecelakaan pun turun hingga 50 persen dibanding tahun lalu.

Mudik macet yang menjadi momok dari tahun ke tahun sebelumnya kini berangsur menghilang. Diharapkan tahun tahun ke depan pemerintah dapat terus memperbaiki sistem lalu lintas hingga istilah mudik macet benar benar dapat menjadi kenangan di Indonesia.

#MudikLebaran #Kemacetan #RestAreaUnik

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar Editor : Sadryna-Evanalia

Sumber : Kompas TV


TERBARU