> >

Jelang Lebaran, Puan Apresiasi Langkah Pemerintah Salurkan BLT Minyak Goreng

Peristiwa | 4 April 2022, 21:53 WIB
Ilustrasi bantuan langsung tunai (Sumber: KOMPAS.COM/Thinkstockphotos.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi langkah pemerintah yang segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk menyikapi tingginya harga minyak goreng.

Puan menilai langkah pemerintah untuk menyalurkan BLT minyak goreng patut diapresiasi sebagai solusi jangka pendek karena kebutuhan masyarakat terhadap berbagai komoditas di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran cukup tinggi, termasuk minyak goreng.

Meski demikian, Puan mengingatkan BLT minyak goreng ini sebatas solusi jangka pendek.

Menurut Puan, pemerintah harus membenahi seluruh tata niaga minyak goreng dari hulu sampai hilir sebagai solusi jangka panjang. Selain itu, pemerintah juga sebaiknya membenahi struktur pasar dan struktur industri minyak goreng.

Perempuan yang menjadi Ketua DPR RI pertama ini juga mengingatkan BLT minyak goreng harus dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran. Dengan begitu, bantuan ini dapat diakui menjadi solusi jangka pendek menjelang Lebaran.

“Semakin cepat tersalurkan, semakin baik untuk masyarakat. Namun, potensi penyimpangan dalam penyaluran di lapangan juga harus semakin ditutup,” pesan Puan, Senin (4/4/2022).

Penyaluran BLT minyak goreng yang tidak tepat sasaran akibat penyimpangan atau kelalaian petugas di lapangan sekalipun dikhawatirkan dapat berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Tutup segala potensi kelalaian dan peyimpangan di lapangan. Apalagi di tengah bulan Ramadan, di mana mayoritas masyarakat Indonesia sedang ingin beribadah dengan tenang,” jelas Puan.

 

Penulis : Elva-Rini

Sumber : Kompas TV


TERBARU