> >

Mahfud MD Ungkap Alasan Jokowi Batalkan Vaksin Berbayar

Politik | 17 Juli 2021, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan alasan Presiden Jokowi tegas membatalkan program vaksinasi berbayar. Hal ini diungkap oleh Mahfud MD di akun Twitternya (17/7/2021).

Menurut Mahfud MD semua vaksin digratiskan bagi seluruh masyarakat. Namun, ide vaksin berbayar muncul karena ledakan Covid-19 varian Delta.

“Presiden menetapkan tidak ada vaksin berbayar. Semua vaksinasi gratis untuk rakyat. Sejak awal kebijakannya begitu," cuit Mahfud.

Pemerintah pun berupaya untuk menggencarkan vaksinasi Covid-19, meski stok vaksin aman, namun tenaga medis terbatas sehingga terjadi antrean vaksin.

"Tapi tetap banyak yang tak terlayani. Banyak yang sudah antre tapi tak bisa terlayani saking banyaknya," tulis Mahfud MD.

Kemudian muncul ide dari sektor swasta yang membeli vaksin untuk karyawannya. Namun, karena timbul reaksi masyarakat yang keras. Presiden pun melarang program vaksinasi berbayar ini.

"Pelaksanaannya tidak menggunakan APBN dan vaksin pemerintah. Tapi timbul reaksi penolakan yang keras. Menampung aspirasi itu, Presiden melarang program vaksinasi berbayar," katanya.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Sadryna-Evanalia

Sumber : Kompas TV


TERBARU