> >

Ini Profil Maria Pauline, Pembobol 1,7 Triliun Kas BNI

Cerita indonesia | 9 Juli 2020, 08:07 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Nama Maria Pauline Lumowa tengah menjadi perbincangan. Pasalnya, sosok ini sudah 17 tahun menjadi buronan.

Dirinya melakukan pembobolan kas bank BNI senilai 1,7 triliun rupiah.

Pada tahun 2003, ia kabur dari Indonesia ke Singapura, dan belakangan diketahui tinggal di Belanda.

Maria Pauline Lumowa lahir di Paleloan, Sulawesi Utara, pada 27 Juli 1958. Ia merupakan pemilik PT Gramarindo Mega Indonesia.

Ia menjadi salah satu tersangka pembobolan bank BNI dengan menggunakan Letter of Credit L/C fiktif.

Kasusnya dengan BNI berawal dari Oktober 2002 hingga Juli 2003. Pada saat itu, PT Gramarindo Group, perusahaan yana ia miliki, mendapatkan pinjaman dana dari BNI sebesar 1,7 triliun rupiah. Dana tersebut didapatkan melalui Letter of Credit L/O fiktif.

Baca Juga: Begini Kronologi Kaburnya Maria Pauline Hingga Diekstradisi

Aksi PT Gramarindo Group diduga mendapat bantuan dari 'orang dalam' karena BNI tetap menyetujui jaminan L/C dari Dubai Bank Kenya Ltd., Rosbank Switzerland, Middle East Bank Kenya Ltd., dan The Wall Street Banking Corp yang bukan merupakan bank korespondensi Bank BNI. 

Pada Juni 2003, BNI curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group tersebut, atas dasar penyelidikan, PT Gramarindo Group tidak pernah melakukan ekspor.

Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan kek Mabes Polri. Pada September 2003, atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka, dirinya telah lebih dahulu terbang ke Singapura. Sejak saat itu dia menjadi buronan.

Penulis : Abdur-Rahim

Sumber : Kompas TV


TERBARU