> >

68 Relawan AS Mengajar Bahasa Inggris di Daerah Terpencil Indonesia

Cerita indonesia | 4 Desember 2019, 13:40 WIB

Sebanyak 68 orang relawan dari 30 negara bagian Amerika Serikat ini mengikuti pelantikan dan pembagian wilayah mengajar di Sport Center IAIN Kediri. Dalam pengambilan sumpah kali ini dipimpin langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, yakni Joseph R Dovan.

Sebelumnya, para relawan tersebut sudah terlebih dahulu belajar bahasa dan budaya Indonesia di wlayah Kediri. Setelah 1 bulan, barulah para relawan tersebut akan ditempatkan di daerah terpencil di 3 provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengajar bahasa Inggris.

Nantinya, para pengajar tersebut akan mengajar di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas selama 2 tahun. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, kemampuan berbahasa Inggris, siswa dan guru dapat meningkat.

Para relawan tersebut tergabung dalam organisasi Peace Corp yang merupakan wadah bagi warga negara Amerika Serikat untuk mengajar secara sukarela di Indonesia. Selain itu, kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat ini sudah terjalin selama 10 tahun terakhir.

Penulis : Desy-Hartini

Sumber : Kompas TV


TERBARU