> >

Mirip Klenteng, Masjid di Malang Terinspirasi dari China sebagai Tempat Pengobatan Tertua

Cerita indonesia | 29 April 2021, 22:01 WIB

MALANG, KOMPAS.TV – Bangunan itu mirip kelenteng. Berdiri dengan arsitektur khas China dengan dominasi merah. Namun, fungsi bangunan itu tidak seperti bentuknya. Bangunan itu adalah masjid yang merupakan tempat ibadah umat Islam. Masjid itu berdiri di kompleks Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RSU UMM) di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Warga yang mendatangi rumah sakit itu pasti melintas di depan masjid tersebut. Masjid itu diberi nama Masjid KHM Bedjo Dermoleksono. Dewan Pengawas RSU UMM, Wakidi mengatakan, masjid itu dibangun pada 2012 bersamaan dengan pembangunan rumah sakit.

Menurut dia, bentuk masjid itu berasal dari ide Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang saat itu masih menjabat sebagai Rektor UMM. “Idenya dari Pak Muhadjir, didesain oleh Tim Perencanaan dan Pembangunan Kampus UMM. Jadi UMM punya lembaga namanya Tim Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan Kampus,” kata Wakidi saat ditemui di RSU UMM.

Filosofi bangunan Desain bangunan masjid itu terinspirasi dari China yang memiliki metode pengobatan tertua. Karena itu, masjid itu dibangun dengan arsitektur bangunan khas China. “Karena pengobatan yang tertua ada di China.

Bahwa pengobatan itu tidak hanya berkiblat ke Eropa, tetapi juga akan berkiblat ke China, Asia Timur ya. Oleh karena itu bangunannya semuanya ini, rumah sakitnya dan masjidnya motif bangunannya seperti bangunan-bangunan China,” jelasnya.  

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU