Kompas TV advertorial

Perkuat Kolaborasi Pencegahan Ideologi Transnasional, BNPT RI Jajaki MoU dengan NCTC Qatar

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 22:00 WIB
perkuat-kolaborasi-pencegahan-ideologi-transnasional-bnpt-ri-jajaki-mou-dengan-nctc-qatar
Indonesia berencana memperkuat kolaborasi global dengan Qatar dalam pencegahan ideologi transnasional. (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

QATAR, KOMPAS.TV – Indonesia berencana memperkuat kolaborasi global dengan Qatar dalam pencegahan ideologi transnasional.

Kolaborasi tersebut dilakukan dengan penyusunan rencana Memorandum of Understanding (MoU) antara  BNPT RI dan NCTC (National Counter Terrorism Committee) Qatar dalam rangka mengimplementasikan berbagai area kerja sama pencegahan dan penanggulangan terorisme. 

"Perlu adanya MoU Kerja Sama Penanggulangan Terorisme antara Indonesia dan Qatar sebagai payung hukum bagi kedua negara untuk mengimplementasikan berbagai area kerja sama di masa mendatang," jelas Kepala BNPT RI Komjen Pol. Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel M.Si. dalam kegiatan kunjungan kerja delegasi BNPT RI ke kantor NCTC Qatar pada Selasa, (22/08).

Salah satu bentuk area kerja sama pencegahan dan penanggulangan terorisme yang diinisiasi BNPT RI adalah program "Single Data Terrorist".

Baca Juga: Peringati Hari Korban Terorisme Internasional 2023, BNPT RI Serius Perhatikan Para Penyintas

Tujuannya untuk memudahkan berbagi informasi, mengingat Qatar merupakan salah satu negara transit perlintasan anggota jaringan terorisme internasional.

"Kita perlu membentuk satu single data terrorist, untuk memudahkan sharing informasi. Mengingat, Qatar merupakan salah satu negara transit dari perlintasan anggota jaringan terorisme internasional maupun foreign terrorist fighters (FTF), " tambahnya.

Menyambut baik inisiasi tersebut, pimpinan NCTC Qatar, Y.M. Jenderal Dr. Nasser Saeid Al Hajri mengatakan penguatan kerja sama dengan BNPT ini penting dan dirinya pun sepakat untuk segara menyusun naskah perjanjiannya. 

Baca Juga: Perpres 7 Tahun 2021 Jadi Panduan BNPT RI Perkuat Kolaborasi Tangkal Ekstremisme Berbasis Kekerasan

"Penguatan kerja sama internasional yang diwujudkan melalui MoU ini penting untuk kedua negara, hasil pertemuan kita tindaklanjuti dengan pertemuan teknis untuk menyusun naskah perjanjiannya," terangnya. 

Dalam pertemuan ini, Kepala BNPT RI didampingi oleh Duta Besar LBBP Indonesia untuk Qatar Bapak Ridwan Hassan, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol. Ibnu Suhaendra, SIk, Direktur Kerjasama Bilateral Brigjen Pol. Kris Erlangga, Atase Pertahanan RI di Iran merangkap Qatar Kolonel Laut Hariyanto, Kasubdit Aspasaf BNPT Kolonel (Sus) Harianto dan staf.

Sehari sebelumnya, telah dilaksanakan pertemuan dengan Head of UNODC Qatar Office Mr. Mustafa Erten dan juga Head of UNOCT Qatar Office Dr. Aynabat Atayeva.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x