Kompas TV advertorial

Presiden Jokowi Dukung Pertamina Kembangkan Potensi Bisnis di Kenya

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 21:21 WIB
presiden-jokowi-dukung-pertamina-kembangkan-potensi-bisnis-di-kenya
Presiden Joko Widodo mendukung langkah Pertamina dalam melakukan pengembangan dan peningkatan potensi bisnis di Kenya. (Sumber: Dok. Pertamina)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo mendukung langkah Pertamina dalam melakukan pengembangan dan peningkatan potensi bisnis di Kenya.

Hal tersebut disampaikannya saat menyampaikan pernyataan pers bersama dengan Presiden Kenya William Ruto di State House, Kenya, Senin, 21 Agustus 2023.

Adapun potensi bisnis dimaksud yaitu di bidang energi, khususnya pengembangan panas bumi atau geothermal dan sektor lain, termasuk juga energi baru terbarukan.

Presiden Jokowi bahkan meminta dukungan Pemerintah Kenya agar kerja sama tersebut bisa segera terealisasi.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia ingin meningkatkan investasi di Kenya, terutama di sektor energi.

"Untuk itu, saya minta dukungan Kenya agar investasi Pertamina dengan Geothermal Development Company senilai $1.5 miliar dan dengan Guma Group dapat segera terealisasi dan diperluas di bidang energi baru dan terbarukan serta perlunya dibentuk Bilateral Investment Treaty antar kedua negara,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pertamina Ambil Bagian dari Kunjungan Bersejarah Presiden Jokowi ke Afrika

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang juga mengikuti kunjungan Presiden Jokowi di Kenya mengatakan, Pertamina membuka segala peluang untuk bekerja sama dan khusus di Kenya.

Karena itu. Pertamina telah menandatangani nota kesepahaman di bidang geothermal dan penjajakan kerja sama strategis di sektor upstream hingga downstream.

“Kerja sama antara Pertamina dengan mitra di Kenya menunjukkan komitmen semangat hubungan Asia Afrika sebagai bagian dari spirit Konferensi Asia Afrika 1955. Kerja sama di bidang energi merupakan salah satu kerja sama utama hasil dari kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Kenya,” ungkap Nicke.

Nicke menambahkan, Kenya merupakan negara dengan potensi energi yang besar, baik dari sektor hulu hingga sektor geothermal.

“Ini merupakan langkah awal bagi Pertamina untuk masuk ke Kenya untuk mengembangkan potensi bisnis yang bisa bermanfaat tentunya untuk kedua belah pihak,” ucap Nicke.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x