Kompas TV advertorial
advertorial

Moms, Pahami Pentingnya Stimulasi bagi Perkembangan Anak, Yuk!

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 14:00 WIB
moms-pahami-pentingnya-stimulasi-bagi-perkembangan-anak-yuk
PT Aulian Kreasi Gemilang menyediakan berbagai peraga edukasi, mulai dari alat musik, balok, maze, puzzle, hingga stempel. (Sumber: Dok. PT Aulian Kreasi Gemilang)

KOMPAS.TV – Stimulasi anak merupakan perangsangan panca indera yang datang dari lingkungan si kecil. Perangsangan tersebut dapat berupa rangsangan penglihatan, bicara, pendengaran, hingga perabaan.

Stimulasi memainkan peran penting dalam perkembangan anak, terlebih dalam periode emas, yakni pada usia 0–5 tahun. Melalui stimulasi terarah, anak akan lebih cepat berkembang dibandingkan anak yang kurang bahkan tidak mendapat stimulasi.

Seperti diketahui, pada tahun-tahun awal kehidupan anak, terdapat lebih dari satu juta koneksi saraf baru yang terbentuk setiap detik. Koneksi pada otak tersebut bisa memudar apabila tidak rutin digunakan.

Oleh karena itu, stimulasi pada anak sejak dini penting dilakukan. Selain membantu pembentukan saraf baru, stimulasi dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial, emosional, dan kognitif.

Pentingnya stimulasi bagi anak pun turut dirasakan oleh Eka Mutia Komala. Pasalnya, anak Eka sempat didiagnosis mengalami gangguan keterlambatan bicara (speech delay) pada usia dua tahun.

“Menurut dokter spesialis anak dan psikiatri, speech delay pada anak saya terjadi karena saya kurang memberikan stimulasi. Akibatnya, beberapa poin tumbuh kembang tidak tercapai sesuai dengan usia perkembangannya,” cerita Eka dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.TV, Rabu (14/6/2023).

Berkaca dari pengalaman itu, Eka bertekad untuk membantu orangtua dalam memberikan stimulus terbaik bagi anak mereka. Hal ini pun dilakukan dengan mendirikan PT Aulian Kreasi Gemilang yang menyediakan alat peraga edukasi sebagai sarana pembelajaran (tools for the future skill).

PT Aulian Kreasi Gemilang menyediakan berbagai peraga edukasi, mulai dari alat musik, balok, maze, puzzle, hingga stempel. Orang tua dapat lebih leluasa memilih produk sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Tak hanya orang tua, alat peraga edukasi tersebut juga dapat digunakan oleh lembaga pendidikan, seperti taman kanak-kanak (TK) atau pendidikan anak usia dini (PAUD).

Melalui PT Aulian Kreasi Gemilang, Eka juga mengajak ibu rumah tangga untuk mendidik anak sekaligus mendukung perekonomian keluarga dengan menjadi reseller, agen, atau distributor PT Aulian Kreasi Gemilang.

Informasi selengkapnya mengenai alat peraga edukasi PT Aulian Kreasi Gemilang dapat Anda temukan pada tautan berikut.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x