Kompas TV advertorial
advertorial

Gagas RI Episode 3 Menghadirkan Diskusi Seputar Ekonomi, Keadilan dan Kemanusiaan

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 18:30 WIB
gagas-ri-episode-3-menghadirkan-diskusi-seputar-ekonomi-keadilan-dan-kemanusiaan
Episode 3 Gagas RI telah hadir dengan mengangkat isu perekonomian, keadilan dan kesejahteraan. (Sumber: Dok. Moview)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Episode 3 Gagas RI telah hadir dengan mengangkat isu perekonomian, keadilan dan kesejahteraan. Dalam episode terbaru ini, Gagas RI mendatangkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke-15 Haedar Nasir sebagai narasumber.

Tak hanya itu, ada tiga panelis yang juga hadir menjernihkan diskusi, yakni Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta Sebayang, Sosiolog Universitas Indonesia Meuthia Ganie-Rochman, dan Ekonom INDEF Hendri Saparini.

Tidak lupa pula pengamat kebhinekaan Sukidi, yang juga selalu hadir sebagai moderator Gagas RI di setiap episodenya.

Gagas RI episode 3 ini diselenggarakan pada Senin, 29 Mei 2023 di Studio 1 KompasTV, Menara Kompas Palmerah, Jakarta Barat.

Forum diskusi ini mengundang tamu terpilih dan terbatas dari berbagai latar belakang seperti mahasiswa, pengajar, tokoh-tokoh inspiratif, ataupun masyarakat umum lainnya.

Ekonomi berkeadilan dan kemanusiaan sebagai fokus utama diskusi

Penting bagi masyarakat Indonesia untuk tahu gagasan yang diletakkan para pendahulu bangsa dan melihat kenyataan Indonesia pada hari ini. Sehingga, kita bisa memproyeksikan seperti apa Indonesia di masa mendatang.

Salah satu gagasan terlantang para pendahulu bangsa sebetulnya sudah tertulis dalam sejarah dan undang-undang negara, yakni keadilan sosial.

Pada Pembukaan Undang-Undangan 1945, Indonesia dengan lantang menentang penjajahan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Pada sila terakhir ideologi bangsa Pancasila, tertera pula "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

Presiden Sukarno terang-terangan menyatakan bahwa Indonesia adalah milik semua kalangan. Bung Hatta juga menyampaikan perekonomian nasional disusun berdasarkan asas kekeluargaan sehingga kekayaan yang dikandung bumi dan air negara ini harus digunakan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

Artinya, keadilan dan kemanusiaan menjadi isu yang selalu difokuskan Bangsa Indonesia sejak dulu. Namun bila kita melihat kenyataan sekarang, Indonesia masih perlu berjuang keras untuk mencapai misi mulianya.

Pengentasan korupsi mengalami stagnasi dan bahkan politisasi. Hutang negara masih masih tertimbun, tak tahu bagaimana masa depan penyelesaiannya. Problem ekonomi-politik oligraki yang tidak sejalan dengan gagasan para pendahulu masih banyak dipraktikkan di depan mata kita.

Haedar Nasir menyatakan bahwa untuk mengatasinya, diperlukan paket keijakan yang progresif dari pemerintah.

"Kami yang di akar rumput sudah berterima kasih untuk langkah-langkah pada setiap fase pemerintahan, tapi tampaknya mengalami stagnasi. Untuk mengatasi kesenjangan sosial, memang perlu ada langkah-langkah politik yang berani," ujar Haedar.

Masih banyak pula langkah-langkah yang perlu diambil oleh semua kompenen bangsa, termasuk masyarakat itu sendiri. Apa saja langkah tersebut? Pemaparan narasumber dan para panelis dalam Gagas RI episode 3 yang sudah bisa ditonton di Moview.

Tentang Gagas RI

Gagas RI adalah program bersama KG Media untuk memberi ruang para tokoh menyampaikan pikirannya kepada masyarakat. Di forum bulanan ini, kami mengundang dan mengumpulkan tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai bidang dan latar belakang serta menghadirkan audience terpilih dan terbatas.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.