Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan GLOW & LOVELY

Peningkatan Kualitas Generasi Masa Kini Lewat Pendidikan Tinggi Perempuan Indonesia

Kompas.tv - 7 Mei 2023, 09:00 WIB
peningkatan-kualitas-generasi-masa-kini-lewat-pendidikan-tinggi-perempuan-indonesia
Ilustrasi dua siswi SMA sedang berjalan bersama. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Masih banyak orang yang kurang mendukung keputusan perempuan untuk mencapai pendidikan setinggi-tingginya, terutama bila memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Bahkan, tak sedikit dari mereka berpendapat bahwa percuma sekolah tinggi jika ujung-ujungnya hanya mengurus suami dan anak.

Padahal, ibu yang telah menempuh pendidikan tinggi akan mencetak generasi unggul di masa mendatang. Ibu berperan sebagai madrasah pertama bagi anak sehingga penting bagi perempuan untuk membekali diri sejak dini. 

Menciptakan generasi yang berkualitas tidak bisa dilaksanakan dalam waktu singkat ataupun tanpa persiapan sama sekali. Artinya, perempuan sebaiknya tidak berhenti belajar sekalipun berniat menjadi ibu rumah tangga kelak. 

Hingga saat ini, masih banyak perempuan di Indonesia yang tidak menerima pendidikan yang layak. Faktor-faktor seperti kemiskinan, jarak tempuh ke sekolah, dan tradisi lokal yang membatasi perempuan untuk belajar masih menjadi kendala besar. 

Dalam konteks pendidikan formal di Indonesia, perempuan cenderung lebih terbatas saat memilih bidang studi. Ada sejumlah bidang studi yang dianggap lebih cocok untuk laki-laki, dan perempuan biasanya tidak diizinkan atau kurang didukung untuk memilih bidang studi tersebut.

Hal ini menjadi sebuah tantangan karena perempuan seharusnya juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengejar minat dan bakatnya dalam bidang studi yang diinginkan.

Karena itu, perlu ada upaya yang terus-menerus dari berbagai pihak untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi perempuan. Selain itu, upaya ini juga diperlukan demi mengatasi hambatan-hambatan yang masih menghalangi perempuan untuk belajar. 

Sebagai upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi dan meningkatkan kualitas generasi masa depan bangsa, Glow & Lovely bersama Yayasan Hoshizora meluncurkan Bintang Beasiswa 2023. 

Bintang Beasiswa 2023 merupakan program beasiswa untuk membantu perempuan Indonesia dengan keterbatasan finansial menempuh pendidikan. 

Sejak 2017, Bintang Beasiswa telah membantu 330 perempuan berprestasi untuk mengejar pendidikan tinggi di perguruan tinggi negeri.

Tahun ini, program ini menawarkan hingga 75 penerima manfaat dari seluruh wilayah Indonesia dengan tunjangan uang senilai Rp17.500.000 serta laptop sebagai fasilitas penunjang kegiatan belajar di universitas.

Bintang Beasiswa 2023 terbuka untuk siswi yang lulus SMA/SMK/MA/sederajat tahun ini maupun yang sudah lulus SMA maksimal tiga tahun ke belakang.

Periode pendaftaran dibuka hingga 8 Mei 2023. Pada Mei 2023 akan dilakukan seleksi berkas bagi para pendaftar. Berkas yang dibutuhkan termasuk pas foto terbaru ukuran 3x4, salinan kartu keluarga, slip gaji orang tua, rekening listrik terbaru, dan nilai rapot dari semester 1 hingga 5 SMA/SMK sederajat. 

Tiap peserta juga harus membuat esai yang memuat motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan maksimal 300 kata.

Calon penerima beasiswa Bintang Beasiswa 2023 yang berhasil melewati seleksi berkas akan menjalani proses seleksi wawancara offline dan online pada Juni hingga Juli 2023. Setelah itu, pihak penyelenggara akan mengumumkan nama-nama penerima manfaat beasiswa pada bulan Agustus 2023.

Jika Anda tertarik untuk menjadi salah satu penerima manfaat Bintang Beasiswa 2023, silakan kunjungi tautan https://www.kelasberbagicerah.com/id/beasiswa untuk membaca persyaratan dan mendaftar. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x