Kompas TV advertorial
advertorial

Kampanye Dettol Ajak Masyarakat Rutin Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum 3 Momen Ibadah Bulan Ramadan

Kompas.tv - 18 April 2023, 10:00 WIB
kampanye-dettol-ajak-masyarakat-rutin-cuci-tangan-pakai-sabun-sebelum-3-momen-ibadah-bulan-ramadan
Reckitt melalui merk Dettol kembali mengajak masyarakat Indonesia memulai kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) baru untuk dapat diterapkan di 3 momen ibadah sehari-hari. (Sumber: Dok. Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan salah satu kebiasaan hidup sehat yang perlu menjadi kebiasaan dan mengalami peningkatan pada masa pandemi Covid-19. 

Sebelum pandemi, masih banyak orang yang merasa cukup setelah mencuci tangan dengan air saja. Padahal, meskipun tangan terlihat dan terasa bersih serta tidak berbau setelah dicuci dengan air, masih dapat menyisakan bakteri, virus, dan kuman. 

Berdasarkan data yang dihimpun Dettol, rendahnya kebiasaan hidup sehat dan bersih mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan, terutama anak-anak. Tingginya kasus diare, stunting, hingga kematian ibu dan anak pun tak terhindarkan bila kebiasaan hidup sehat dan bersih tidak diterapkan dengan baik.

Meskipun terlihat sederhana, kebiasaan cuci tangan pakai sabun terbukti ampuh mencegah hampir 90 persen penyakit menular. 

Namun, fasilitas cuci tangan yang memadai belum sepenuhnya tersedia di rumah penduduk Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, di Indonesia 1 dari 4 orang tidak memiliki fasilitas cuci tangan di rumahnya. 

Dengan kata lain, sekitar 25 persen dari populasi atau 64 juta orang Indonesia tidak memiliki akses cuci tangan. Hal tersebut menjadi salah satu penghambat kesadaran masyarakat untuk rutin melakukan kebiasaan cuci tangan pakai sabun. 

Kebiasaan Baru CTPS Sebelum Wudu, Sebelum Makan, dan Sebelum Bersalaman

Bulan Ramadan di masa peralihan setelah pandemi ini dapat menjadi momen meningkatkan proteksi kesehatan saat beribadah, khususnya bagi umat muslim yang kembali beramai-ramai beribadah ke masjid. 

Reckitt Indonesia mengambil momentum ini untuk bisa mengedukasi sekaligus mengingatkan pentingnya semangat “Kebersihan Sebagian dari Iman” seperti yang diajarkan dalam Islam. Tahun ini Reckitt Indonesia berkesempatan menambah jejaring partner bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk bisa memperluas pendekatan dan edukasi ke masyarakat muslim. 

Merek Dettol kembali mengkampanyekan “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat” yang mengajak masyarakat Indonesia memulai kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) baru untuk dapat diterapkan di 3 momen ibadah sehari-hari.

Pertama, cuci tangan pakai sabun disarankan dilakukan pada momen ibadah sebelum berwudu. Kedua, CTPS sebelum makan pada momen makan bersama. Ketiga, kebiasaan CTPS perlu diterapkan tiap sebelum bersalaman di momen silaturahmi. 

Dalam kampanye ini, keluarga dan masjid memegang peranan penting karena keduanya berperan strategis dalam pembentukan kebiasaan baik. Bukan hanya sebagai tempat beribadah, masjid juga berperan sebagai tempat umat muslim bersosialisasi dan berinteraksi. 

Reckitt Indonesia didukung DMI melakukan pembinaan masjid dalam menyediakan materi edukasi dan akses sabun untuk mencuci tangan sebelum beribadah. Sebagai salah satu tempat terjadinya interaksi yang begitu dinamis, sangat penting menerapkan konsep masjid sehat agar tidak menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit.

Di Indonesia selaku negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, Dettol mengajak dan menggerakkan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia ke skala yang lebih besar dengan menjangkau umat Islam, untuk selalu menjaga kebersihan diri. Karena dari Keluarga Sehat, tercipta Indonesia yang Kuat.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x