Kompas TV advertorial

Cara Mengatasi Problem yang Terjadi pada Genset

Kompas.tv - 18 November 2022, 16:00 WIB
cara-mengatasi-problem-yang-terjadi-pada-genset

Genset HARTECH HT 300 P (Sumber: Dok. Hartech)

Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Generator set atau yang lebih umum disebut sebagai genset menjadi alat yang sangat membantu ketika terjadi pemadaman listrik. Namun, ada kalanya akan mengalami masalah sehingga disarankan untuk melakukan perawatan dengan baik.

Genset sudah sangat umum penggunaannya saat ini, bukan hanya digunakan di perusahaan-perusahaan dan gedung bertingkat, tapi mulai dari mall, pusat perbelanjaan, minimarket, supermarket, perhotelan, hingga perumahan juga mulai mempertimbangkan adanya genset sebagai cadangan bila suatu saat listrik mati.

Hal ini untuk menghindari terganggunya rutinitas sehari-hari yang menggunakan daya listrik untuk dapat menggunakan perangkat elektronik yang ada.

Jenis genset ada begitu banyak, mulai dari mesin genset dari bahan bakar gas, bensin, diesel, hingga genset dalam bentuk mini atau yang bisa disebut sebagai genset portable

Namun, Anda perlu bijak dalam penggunaan genset ini. Dalam penggunaan genset perlu untuk merawatnya secara baik agar awet dan tahan lama sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu berikut ini ada beberapa cara memperbaiki genset, yang bisa menjadi referensi Anda saat genset Anda mengalami masalah.

Baca Juga: 20 Lapak di Pasar Pagi Asemka Jakarta Barat Hangus, Kebakaran Diduga karena Korsleting Listrik

Genset Karena Tegangan yang Berlebihan

Dalam penggunaan genset sering kali mengalami gangguan pada tegangan yang bisa membuat pengoperasian genset menjadi terganggu dan tidak bisa bekerja dengan baik. Tegangan berlebihan terjadi karena adanya putaran yang berlebihan juga karena terjadinya proses pelepasan beban yang sangat cepat dan mendadak. Hal ini bisa mengakibatkan daya kejut pada genset tersebut.

Ada bagian pada genset yang bernama governor yang berguna untuk melakukan pengaturan terhadap kecepatan generator agar tetap dalam kondisi normal. Tapi dalam jangka waktu yang relatif lama saat penggunaan, jika generator mengalami tegangan yang berlebih, maka bisa mempengaruhi barang-barang elektronik lainnya. Untuk itu, disarankan lebih sering melakukan pengecekan pada bagian governor secara rutin, guna mencegah terjadinya kondisi seperti ini.

Genset HARTECH HT 20 P (Sumber: Dok. Hartech)

Genset yang Mati Tiba-tiba Saat Dinyalakan

Terjadinya hal ini dikarenakan adanya air pada tangki bahan bakar genset tersebut. Untuk itu Anda perlu membuang airnya pada seluruh bagian saluran bahan bakar yang terhubung langsung dengan bagian mesin genset.

Biasanya hal ini terjadi dikarenakan penyumbatan pada ventilasi, jika memang terjadi penyumbatan pada ventilasi maka segera untuk dibersihkan.

Selain itu salah satu penyebabnya ada pada saringan bahan bakar. Maka dari itu periksa kembali apakah saringan bahan bakar mengalami penyumbatan. Jika memang terjadi penyumbatan, maka segeralah untuk dibersihkan agar genset bisa berfungsi dengan baik.

Jika memang sering terjadi masalah seperti ini alangkah baiknya jika Anda memeriksa sirkulasi udara yang ada di sekitar genset. Sebab hal tersebut sangat berpengaruh pada pembuangan asap.

Baca Juga: Genset Meledak di Nduga Papua, 11 Kios dan 2 Rumah Terbakar!

Daya Mesin Mulai Menghilang

Masalah ini bisa disebabkan karena kondisi pada plunger pompa sudah mengalami kehausan. Cara menanganinya dengan melakukan pengecekan pada bagian pompa, lalu Anda bisa melakukan penyetelan ulang.

Namun, jika Anda telah melakukan penyetelan ulang tapi tetap dipersulit, maka Anda bisa mengganti dengan plunger pompa yang baru untuk memudahkan Anda.

Atau bisa juga diakibatkan oleh patahnya pegas katup. Ini bukan masalah yang serius, jadi Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya tinggal melakukan penggantian pegas katup yang baru.

Jika Anda telah memahami cara mengatasi masalah pada genset, tidak perlu khawatir genset rusak. Maka dari itu, penting untuk membeli genset yang berkualitas. Jika Anda mencari genset yang berkualitas Anda bisa menemukannya dengan mudah di HARTECH.

Di sini disediakan berbagai macam genset yang baik yang bisa membuat acara atau event Anda berjalan dengan lancar. Untuk informasi lebih lanjut tentang genset open ataupun genset silent, silakan langsung kunjungi www.hartech.co.id dan temukan sendiri berbagai jenis genset murah berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di HARTECH.

Baca Juga: Hari Pertama Puncak KTT G20, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x