Kompas TV advertorial

Mau Buka Bisnis Minuman Kekinian? Begini Caranya

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 13:00 WIB
mau-buka-bisnis-minuman-kekinian-begini-caranya
Forest Syrup grand launch oleh Muadzin Jihad, Budi Isman, Baskorohadi (Sumber: Forest)

KOMPAS.TV – Saat ini, bisnis minuman kekinian seperti kedai kopi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Sejumlah pelaku bisnis ini pun mengaku penghasilan dari minuman kekinian cukup menggiurkan.

Hal tersebut tentunya membuat banyak orang makin tertarik untuk membuka bisnis sejenis. Selain strategi dan rencana bisnis yang tepat, pemilihan bahan baku berkualitas sebagai bahan dasar pembuatan minuman tidak kalah penting.

Pada Sabtu (06/08/2022), Forest Beverage Solutions secara resmi meluncurkan produk baru, yaitu Forest Syrup. Peresmian lewat seremoni pengguntingan pita merah dilakukan CEO dan Co-Founder Forest, Muadzin F. Jihad, yang diapit Budi S. Isman dan Baskorohadi S. sebagai advisor bisnis.

Event ini berkolaborasi dengan gelaran IIOutfest 2022 (Indonesia International Outdoor Festival) yang dikemas selama empat hari, 4–7 Agustus 2022, di GBK Senayan, Lapangan eks Telkom. Rangkaian acaranya terdiri dari:

  • Forest Latte Art Challenge 2022 
  • Kopi Gunung Manual Brew Competition 2022
  • Mixology Bar Take Over
  • Talkshow seputar bisnis kopi dan kedai kopi

Untuk merangkul para barista yang merupakan ujung tombak kedai kopi, Forest berkolaborasi dengan komunitas Barista Indonesia mengadakan dua jenis lomba, latte art dan manual brew.

Lomba tersebut memperebutkan hadiah total uang tunai Rp10 juta untuk masing-masing lomba.

12 finalis Forest Latte Art Challenge 2022 berfoto bersama para juri dan CEO Forest Muadzin Jihad (Sumber: Forest)

Selain barista, Forest juga ingin merangkul para pelaku usaha minuman kekinian, termasuk coffee shop kekinian, dengan mengadakan talkshow seputar bisnis kopi dan kedai kopi.

Talkshow ini diisi sejumlah narasumber, dari komunitas barista, institusi pelatihan kopi, penyedia mesin kopi dan grinder, penyuplai susu foaming, dan Forest sendiri sebagai produsen powder minuman dan sirup.

Pada kesempatan ini, Muadzin memaparkan alasan Forest meluncurkan produk dalam format baru berupa sirup. Muadzin menjelaskan, tahun ini Forest melakukan transformasi konsep dan kategori bisnis, sekaligus mengubah logonya.

Nama bisnis yang sebelumnya adalah Forest Bubble Drink ditransformasi menjadi Forest Beverage Solutions. Artinya, Forest tidak hanya berperan sebagai produsen dan supplier bubuk minuman, tetapi menjadi solusi dari segala permasalahan pelanggan dan klien di bisnis minuman.

"Oleh karena itu, meluncurkan produk format liquid termasuk salah satu solusi menjawab kendala konsumen sekaligus strategi untuk memperluas pasar produk Forest," tambah Muadzin

Founder dan owner Forest Hafizh Suradiharja menambahkan, sejalan dengan proses transformasi tersebut, di tahun ini juga diresmikan divisi non-profit Forest Innovation Center.

Divisi tersebut merupakan pusat edukasi, konsultasi, dan R&D untuk klien dan pelanggan yang memiliki kendala seputar bisnis minuman. Bagi calon pengusaha yang ingin membuka bisnis minuman atau kedai kopi kekinian juga bisa berkonsultasi di divisi ini.

Pusat edukasi ini rutin mengadakan pelatihan offline dan online mengenai cara membuka bisnis minuman, tips dan trik, perumusan menu, penghitungan modal awal dan HPP, operasional, digital marketing, dan lain-lain. 

Ke depan, Forest Innovation Center akan segera merilis portal edukasi bisnis berisi video pembelajaran dan tutorial berbasis web.

“Untuk pendaftaran training, mendapatkan produk baru sirup ini, atau produk powder drink yang telah populer lebih dulu, bisa langsung ke website resmi www.forestbeveragesolutions.com," jelas Hafizh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x