Kompas TV entertainment musik

5 Band Berpengaruh di Sejarah Musik Rock Indonesia, God Bless Salah Satunya

Minggu, 25 Juli 2021 | 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kehadiran musik rock di Indonesia memiliki sejarah dan perjalanan panjang. Cikal bakal musik rock sendiri secara global tidak terlepas dari kehadiran musik rock ‘n roll yang sudah ada sejak tahun 1940-an.

Indonesia pun memiliki sejumlah band legendaris yang punya andil besar dalam perkembangan musik rock tanah air.

Berikut 5 band legendaris Indonesia yang paling berpengaruh dalam dunia musik.

Baca Juga: Semut Hitam, Album God Bless Paling Laris Sepanjang Sejarah

The Tielman Brothers

The Tielman Brothers adalah grup musik tertua asal Indonesia yang berdiri tahun 1945 di mana anggotanya berasal dari keluarga campuran Indonesia-Jerman.

Nama The Tielman Brothers cukup terkenal di Eropa saat keluarga mereka memutuskan untuk hijrah dari Surabaya ke Belanda. Bahkan The Tielman Brothers lebih dikenal sebagai band asal Belanda. Saat itu orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock yang kemudian dikenal dengan musik rock 'n roll.

Bahkan The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles.

Koes bersaudara

Koes Bersaudara adalah grup musik yang dibentuk oleh keluarga Koeswoyo pada tahun 1958 dan menjadi cikal bakal band Koes Plus.

Mereka memainkan lagu-lagu populer barat yang saat itu didominasi The Beatles. Karena dianggap terlalu kebarat-baratan, mereka pernah ditangkap dan dipenjara tahun 1965 oleh rezim orde lama. Kala itu musik mereka disebut sebagai musik 'ngak ngik ngok'.

Baca Juga: Achmad Albar Akui Nama "God Bless" Terinspirasi dari Kartu Natal

AKA

AKA adalah sebuah group band rock asal kota Surabaya yang berdiri pada tahun 1967 dan berjaya sekitar paruh awal tahun 1970an. Band ini dipelopori oleh Ucok Harahap, Zainal Abidin, Soenatha Tanjung, Harris Sormin dan Peter Wass. Nama AKA sendiri adalah singkatan dari Apotek Kali Asin usaha milik orang tua Ucok Harahap di Surabaya.

Kehadiran AKA memberikan warna baru bagi dunia musik Indonesia. Band ini dikenal dengan musiknya yang keras dan aksi panggung yang eksentrik karena mempertunjukkan aksi teathrikal yang cukup mengerikan di atas panggung.
Namun eksistensi band ini tidak begitu lama seiring dengan berpencarnya para personel AKA, yang membentuk band baru seperti Duo Kribo dan SAS.

God Bless

Band God Bless bisa disebut band rock legendaris yang paling bertahan karena masih eksis hingga saat ini. God bless mulai hadir meramaikan dunia musik Indonesia di tahun 1972, saat Achmad Albar kembali ke Indonesia setelah beberapa tahun tinggal di Belanda. Band ini termasuk memberikan influence untuk genre musik progresif rock di Indonesia.

Meski harus melalui gonta ganti personel lebih dari 15 kali, God Bless membuktikan mereka tetap bisa eksis selama 48 tahun. Tidak seperti band lain seangkatan yang memilih bubar.

Roxx

Roxx adalah grup musik beraliran heavy metal yang didirikan pada 1 April 1987 di Jakarta. Dalam sejarah musik tanah air, Roxx merupakan pelopor dari pergerakan musik metal atau underground di Indonesia.

Video editor: Agung

Baca Juga: Achmad Albar Akui Antarpersonel God Bless Kerap Berdebat dalam Bermusik
 

Penulis : Laura Elvina

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Inspirasi Musik

Barasuara – Bahasa Bahasa

Kamis, 2 September 2021 | 23:01 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
23:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19