Kompas TV video vod

Menghadap Jokowi, Menhan Prabowo Terlihat Masuk Istana Kepresidenan

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 17:14 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Istana Merdeka, Jumat (9/6/2023) sore.

Sebelumnya, Jokowi memang berencana mengundang Prabowo untuk meminta penjelasan mengenai proposal perdamaian Ukraina – Rusia yang dilontarkan Prabowo di Singapura pekan lalu.

Prabowo terlihat masuk melalui Wisma Istana Kepresidenan.

Belum diketahui pasti agenda pertemuan Jokowi dengan Prabowo.

Melalui pesan singkat, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyebut hal yang wajar jika Presiden memanggil menterinya.

Terkait isi pertemuan apakah menyangkut proposal perdamaian, menurut Bey Presiden pasti sudah sempat menanyakan perihal Proposal Perdamaian Rusia-Ukraina dan pada saatnya Presiden akan menjelaskan hasil pembahasannya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sempat melontarkan pandangannya terkait resolusi Ukraina Rusia saat menjawab pertanyaan mengenai konflik Rusia-Ukraina.

Di depan para Menteri Pertahanan berbagai negara, Prabowo mengusulkan Rusia dan Ukraina berdamai dengan pengawasan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

5 poin yang diusulkan Prabowo menuai kritik, baik oleh Ukraina maupun Rusia.

Terutama tentang zona demiliterisasi dan referendum yang diawasi PBB.

Peran Indonesia memang dihitung saat ini setelah berhasil bertemu Presiden Ukraina Volodimir Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa pada 2022 lalu.

Sehingga di mana pijakan Indonesia tecermin dari sikap dan ucapan Wakil Pemerintah Indonesia di depan forum dunia.

Namun inisiatif negara non blok seperti Indonesia juga diperlukan demi memecahkan kebuntuan situasi Konflik Rusia-Ukraina.

Baca Juga: Demokrat Tanggapi Isu Desak Umumkan Bacawapres Anies: Bukan Memaksa, Hanya Ingatkan Batas Waktu!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x