Kompas TV video pop news

32 Ribu Janin Digugurkan, Tersangka Praktik Aborsi Ilegal Tidak Memiliki Keahlian Medis | POP NEWS

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 17:00 WIB

Praktik aborsi ilegal kembali menjadi sorotan publik. 

Lima orang ditangkap dalam penggerebekan klinik aborsi ilegal di Duren Sawit. Praktik ilegal ini sudah berjalan selama satu tahun dan menggaet korbannya dengan beriklan secara online. 

Komplotan pelaku saling berbagi peran, mulai dari menghubungi pasien, menjemput, hingga melakukan praktik aborsi. 

Dalam sehari, komplotan praktik aborsi ilegal ini bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah. Yang lebih mengejutkan lagi, pelaku utama tidak memiliki keahlian medis. 

Rupanya, kasus praktik aborsi ilegal yang terjadi di Duren Sawit ini bukanlah kasus yang pertama. 

Seorang dokter gigi di Banjar Celuk, Kabupaten Badung, Provinsi Bali menggegerkan publik dengan ulahnya.

Pelaku yang bernama I Ketut Arik Wiantara (IKAW) menyimpang dari jalur keilmuannya dan melakukan praktik aborsi ilegal. Tersangka tertangkap basah sedang melayani pasien yang akan menggugurkan bayinya. 

Dalam penyelidikan diketahui pelaku tidak pernah membuka praktik dokter gigi bahkan tak terdaftar dalam Ikatan Dokter Indonesia (IKI).

Sejak membuka praktik aborsi ilegal di tahun 2020, tersangka IKAW telah melayani lebih dari 1300 pasien. Ini bukan pertama kalinya IKAW melakukan praktik aborsi ilegal.

Sebelumnya, pelaku telah divonis 2,5 tahun penjara pada 2006 dan vonis 6 tahun penjara pada 2009 oleh pengadilan negeri Denpasar untuk kasus yang sama. 

Di Jakarta sendiri, sebuah klinik aborsi ilegal yang berdiri sejak 2017 telah menggugurkan 32.000 janin dan mengeruk keuntungan hingga Rp10 Miliar. 

Saat digerebek tahun 2020, 10 orang ditetapkan sebagai tersangka. Salah satu oknum yang melakukan praktik aborsi ilegal hanya bergelar sarjana kedokteran yang belum menyelesaikan pendidikan profesi sebagai dokter.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.