Kompas TV video vod

Kabupaten Boyolali Gelar Tradisi Padusan dan Bersih Diri Sambut Bulan Ramadan

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 09:51 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Sempat terhenti karena pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Boyolali kembali menggelar Tradisi Padusan.

Tradisi Padusan diawali kirab serta prosesi siraman, dimulai dari Kantor Kecamatan Banyudono menuju Kompleks Umbul Tirtomarto Pengging yakni Umbul Ngabean, petilasan Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sinuhun Pakubuwana ke X.

Tradisi Padusan dilakukan untuk menyucikan makna padusan tak hanya secara lahir saja, yang paling utama harus menyucikan diri secara lahir batin sebelum memasuki bulan puasa.

Baca Juga: Warga Gelar Tradisi Nyadran Sebagai Bentuk Syukur atas Datangnya Bulan Ramadan

Warga Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah melakukan tradisi pensucian diri.

Mereka harus  mandi keramas oman landa dari  batang padi berwarna kuning yang dibakar dan harus mandi di mata air atau belik di pinggir Sungai Pelus.

Setelah terhenti karena Covid-19 selama 2 setengah tahun, warga Boyolali dan Purwokerto antusias jalani Tradisi Padusan dan mandi keramas oman landa dan  akan terus dilakukan untuk melestarikan budaya lokal Jawa Tengah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.