Kompas TV video vod

Kadin dan Akademisi UI Bahas Indonesia Mampu Bertahan dari Ancaman Krisis Global

Kompas.tv - 6 Agustus 2022, 17:35 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus membaik.

Berbagai strategi upaya pemulihan ekonomi terus dijalankan seperti yang dibahas dalam diskusi dengan tema "Antisipasi Indonesia Terhadap Potensi Krisis Global".

Dalam diskusi yang dihadiri oleh beberapa pembicara seperti Founder Core Indonesia, Wakil Ketua Umum Kadin, serta Akademisi UI itu membahas mengenai potensi Indonesia dalam menghadapi krisis global.

Meskipun perkembangan ekonomi global belum menunjukkan pertumbuhan yang positif, tetapi Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengaku optimis dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tak terkecuali, ia pun menilai potensi yang lebih kecil untuk terjadinya resesi.bukan tanpa alasan. Airlangga melihat keadaan perekonomian Indonesia yang mampu bertahan di tengah pandemi covid-19. Pada semester satu tahun ini, perekonomian Indonesia mampu menyentuh angka lima persen dan terus tumbuh pada sisi konsumsi.

Dari segi eksternal, Indonesia memiliki ketahanan yang terjaga baik.

Hal ini sejalan dengan neraca perdagangan yang mencatatkan surplus selama 25 bulan berturut-turut.

Harapan dari kegiatan diskusi tersebut yakni untuk mensosialisasikan kepada masyarakat guna membangun semangat optimisme agar meminimalisir terjadinya krisis global. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x