Kompas TV video vod

Antisipasi Macet di Tol Semarang Batang Hingga Kalikangkung, Kapolri : Ada 4 Jalur Alternatif

Kompas.tv - 27 April 2022, 23:15 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pantau arus mudik di gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Saat melihat kesiapan mudik, Kapolri memastikan menyiapkan 4 jalur alternatif jika terjadi kemacetan di Tol Semarang Batang hingga Kalikangkung, saat puncak arus mudik.

Selain itu, strategi rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap, one way dan kontra flow tetap dilakukan untuk mengurai kemacetan.

Jalan Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed, kembali dibuka untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Cikampek, sejak pukul sepuluh pagi.

Baca Juga: Pemudik Keluhkan Harga Tiket ke Banyuwangi yang Melonjak hingga 2 Kali Lipat

Rekayasa arus lalu lintas di gerbang Jalan Tol MBZ ini dilakukan seusai dengan kondisi kepadatan kendaraan.

Sebelumnya Jalan Tol Layang MBZ sempat ditutup karena adanya kepadatan kendaraan ke arah Cikampek.

Penutupan dilakukan karena kepadatan terjadi di titip pertemuan kendaraan yang keluar dari Tol Layang MBZ dengan kendaraan di jalur bawah.   

Peningkatan arus truk angkutan berat terjadi karena hari ini adalah hari terakhir sebelum larangan truk melintasi ruas tol dan jalur pantura mulai 28 April besok.

Sementara terminal induk Kota Bekasi, Jawa Barat sudah dipadati pemudik sejak sekitar pukul 5 pagi untuk membeli tiket bus tujuan ke sejumlah kota di Jawa Tengah.

Harga tiket bus yang naik lebih dari 100 persen tidak menghalangi pemudik untuk berlebaran di kampung halaman.

Pengelola pelabuhan Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur menyiapkan 12 kapal reguler dan 8 kapal tambahan untuk mengantisipasi kepadatan peemudik yang berangkat dari pelabuhan ini.

Pelabuhan Kariangau melayani penyebrangan ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Mamuju, Sulawesi Barat, dan Palu, Sulawesi Tengah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x