Kompas TV TALKSHOW rosi

Janggal Vonis Lepas Bos Indosurya, Menteri Koperasi: Saya Powerless | ROSI

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 18:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyebut dirinya powerless dan tidak memiliki daya kontrol untuk mengawasi koperasi yang ada. Menteri Teten ingin mendorong adanya revisi Undang-Undang Koperasi, karena saat ini kementerian tidak punya kewenangan mengawasi koperasi-koperasi di bawahnya.

Sehingga, jika ada koperasi bermasalah hingga gagal bayar kepada para anggotanya, pemerintah tidak memiliki mekanisme bail out atau pemberian bantuan keuangan ke perusahaan yang berada di ambang kebangkrutan. Kelemahan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para penjahat keuangan. 

Diketahui Bos Indosurya, Henry Surya bukan pemain baru di industri keuangan. Ia pernah menyebut orang tuanya, Effendy Surya, sudah lama berbisnis di sektor keuangan dan properti. Namun Teten justru mempertanyakan untuk apa orang kaya atau konglomerat mendirikan Koperasi Simpan Pinjam? 

KSP Indosurya menghimpun dana dari total 23.000 nasabahnya. Total kerugian mencapai Rp106 Triliun. 

 

Selengkapnya saksikan dalam ROSI eps. Janggal Vonis Lepas Bos Indosurya di kanal Youtube KompasTV. 

 

Link: https://www.youtube.com/watch?v=u_VCTuiIFgg 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.