Kompas TV TALKSHOW rosi

Seberapa Sulit Hakim Memutuskan bahwa Terdakwa adalah Otak Pembunuhan Berencana? | ROSI

Kompas.tv - 19 Oktober 2022, 13:25 WIB
Penulis : Anas Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program ROSI KompasTV pada 13 Oktober 2022 menghadirkan Doktor Binsar Gultom, salah satu hakim dalam kasus kopi maut sianida yang menewaskan Mirna Salihin 6 tahun lalu oleh terpidana Jessica Wongso. Menurutnya, ada kesamaan antara kasus Jessica dengan Ferdy Sambo, yakni berbagai kontroversi meninggalnya korban. Banyak alat bukti dan barang bukti yang perlu dieliminasi oleh hakim pada kasus kopi maut sianida. Maka, jaksa harus betul-betul menyusun surat dakwaan dengan menerima masukan dari berbagai pihak. Inilah yang menjadi dasar hakim untuk membuktikan kebenaran sebuah kasus. 

Selain itu, kesamaan lain dari dua kasus ini adalah pembunuhan berencana. Seberapa sulit hakim memutuskan bahwa terdakwa adalah otak pembunuhan berencana? Hakim Binsar mengatakan, dalam pengalamannya saat menangani kasus kopi maut sianida, ada beberapa elemen yang menjadi pertimbangan. Pertama apakah ada korban? Kedua, apa yang menyebabkan korban meninggal? Dari berbagai alat bukti dan keterangan saksi mau pun ahli inilah kemudian dianalisis oleh hakim. 

Senin 17 Oktober 2022 Ferdy sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuwat Maruf menjalani sidang perdana kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Yosua Hutabarat. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Selengkapnya saksikan dalam ROSI Uncut “Pertaruhan Hakim di Sidang Sambo” di kanal Youtube KompasTV. 

#sidangferdysambo #ferdysambo #putricandrawathi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x