Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Waspada Ancaman Serius Kanker Usus | AYO SEHAT

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 07:25 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Usus, merupakan bagian besar pada saluran pencernaan bawah yang memiliki peran penting dalam mencerna dan menyerap nutrisi. Memiliki bentuk yang panjang seperti sebuah tabung, usus memiliki dua bagian, yakni usus besar dan usus kecil.

Keduanya memiliki peranan yang sangat berbeda satu dengan yang lain. Sederhananya, usus kecil berperan untuk menyerap nutrisi dari makanan, sedangkan usus besar bertangggung jawab untuk menyerap dan menyalurkan kotoran atau limbah tubuh, yang kemudian dikeluarkan melalui rektum.

Salah satu penyakit yang mengancam kesehatan usus dalam tubuh manusia adalah kanker usus. Kanker jenis ini, seringkali menyerang bagian usus besar atau saluran akhir pencernaan.

Kanker usus paling banyak dialami orang berusia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka yang masih muda dapat mengidap kanker jenis ini.

Beberapa faktor juga dapat menjadi pemicu kanker usus, diantaranya seperti obesitas, gaya hidup merokok, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, menderita diabetes tipe 2, gaya hidup pasif, hingga terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan.

Follow us on Instagram: @ayosehat_kompastv

Temukan informasi Kesehatan menarik lainnya hanya di Ayo Sehat, setiap Jumat pukul 10.30 WIB hanya di Kompas TV



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x