Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Kenali Gejala OCD Cara Penanganannya | Ayo Sehat

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 21:17 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu yang lalu ramai perihal Aliando Syarief yang mengaku mengidap gangguan mental OCD atau Obsessive Compulsive Disorder menyedot perhatian banyak pihak. Lantaran didiagnosis terkena OCD, actor kelarihan Oktober 1996 ini mengaku merasa kesulitan melakukan aktivitas hariannya.

Lalu apa sebenarnya OCD?

Melansir MayoClinic, OCD atau Obsessive Compulsice Disorder adalah sebuah gangguan atau penyakit yang menyebabkan pola pikir dan ketakutan yang tidak diinginkan, dan dapat membuat seseorang sebagai pengidapnya melakukan hal berulang dan berperilaku kompulsif.

Obsesi dan kompulsi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan penderitaan yang signifikan dan beragam. Orang dengan OCD mungkin berusaha untuk mengabaikan atau menghentikan obsesinya, namun tindakan tersebut justru dapat meningkatkan stress dan rasa kecemasan dalam dirinya.

Sebagai contoh, OCD jenis kontaminasi. Orang dengan OCD jenis ini biasanya akan terus menerus mencuci tangan sampai kulitnya terasa sakit dan pecah-pecah.

Jika diantara kalian memiliki gejala seperti OCD, segera konsultasikan ke ranah professional ya. Jangan dibiarkan dan disimpan sendirian.  

.

.

.

Follow us: Instagram : @ayosehat_kompastv
Temukan informasi Kesehatan menarik lainnya hanya di Ayo Sehat, setiap Jumat pukul 10.30 WIB hanya di Kompas TV
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.